PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization pada mata pelajaran Boga Dasar dalam meningkatkan (1) motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X dan (2) motivasi siswa kelas X Jasa Boga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X Jasa Boga 1 SMK Negeri 2 Tabanan dengan jumah sampel 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes uraian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) terjadinya peningkatan motivasi belajar siswa dari 66,51% berada pada kategori “cukup”, menjadi 82,40% dengan kategori “baik”. 2) Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 74,66% berada pada kategori “baik” meningkat pada siklus II menjadi 84,38% dengan kategori “baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Jasa Boga 1 SMK Negeri 2 Tabanan.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization, motivasi belajar, hasil belajar
Abstract
The purpose of this study is to determine the effectiveness of the implementation of cooperative learning model of type assisted individualization team on basic culinary subjects in improving (1) motivation of students of class X and (2) motivation of X grade students of Catering Services. This research is a class action research conducted in class X Culinary 1 SMK Negeri 2 Tabanan with sample 36 students. The instruments used in this study are questionnaires and description tests. Data analysis used quantitative descriptive analysis. The results of this study indicate: 1) the increase in student learning motivation from 66.51% is in the "enough" category, to 82.40% with the category of "good". 2) Average student learning outcomes in cycle I 74.66% are in the "good" category increased in cycle II to 84.38% with the category of "good". So it can be concluded that the implementation of cooperative learning model of type assisted individualization team can improve motivation and learning outcomes of students of class X Culinary 1 SMK Negeri 2 Tabanan.
Keywords: cooperative learning model type team assisted individualization, learning motivation, learning outcomes
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.