IMPLEMENTASI TOKEN ECONOMY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI

Main Article Content

Elizabeth Prima
Putu Indah Lestari

Abstract

Abstrak
Motivasi merupakan dorongan yang bisa datang dari dalam diri maupun dari luar anak sehingga menimbulkan gairah, usaha, perasaan senang, dan semangat untuk melakukan sebuah kegiatan dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia dini melalui Token Economy. Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia dini di PAUD Sayang Ibu, Denpasar. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan metode observasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD Sayang Ibu, dengan objek penelitian meningkatkan motivasi belajar anak usia dini melalui Token Economy. Hasil yang diperoleh pada pengukuran motivasi belajar anak pada observasi awal menunjukkan ketuntasan sebesar 25%. Setelah pelaksanaan pembelajaran dengan Token Economy terjadi peningkatan ketuntasan 68,75% pada Siklus I dan kembali meningkat 87,5% pada Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Token Economy dapat meningkatkan motivasi belajar anak-anak Kelompok A di PAUD Sayang Ibu, Denpasar.
Kata Kunci : anak usia dini, motivasi belajar, Token Economy
Abstract
Motivation is an encouragement that appear from inside and outside of the child so as to generate passion, effort, feelings of pleasure, and spirit to perform a better activity. This study aims to improve the motivation of early childhood learning through Token Economy. This study was conducted at early childhood at PAUD Sayang Ibu, Denpasar. The type of this research is Classroom Action Research conducted in 2 cycles by using observation method. The subjects of this study are children of group of PAUD Sayang Ibu, with the object of research to improve the motivation of early childhood learning through Token Economy. The results obtained on the measurement of children's learning motivation on preliminary observation showed a completeness of 25%. After the implementation of learning with Token Economy there is an increase in completeness 68.75% in Cycle I and increased once more 87.5% in Cycle II. The results showed that the implementation of Token Economy can raise the motivation of studying children of Group A in PAUD Sayang Ibu, Denpasar.
Keywords : early childhood, motivation to learn, Token Economy

Article Details

How to Cite
Prima, E., & Lestari, P. I. (2018). IMPLEMENTASI TOKEN ECONOMY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(2). https://doi.org/10.36002/jmk.v1i2.301
Section
Articles