EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM MANAJEMEN SEKOLAH MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA TIGA SMK PARIWISATA
Bilah Samping Artikel
Diterbitkan:
Des 15, 2017
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 392
Download : 231
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan efektivitas implementasi program Manajemen Sekolah pada tiga SMK Pariwisata di kabupaten Badung dan kodya Denpasar. Penelitian ini merupakan gabungan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Teknik sampling dilakukan dengan purposive sampling, didasarkan pada ciri-ciri yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini adalah: (1) Efektivitas Implementasi program manajemen sekolah adalah Baik, (2) Efektivitas komponen konteks adalah Amat Baik, (2) Efektivitas komponen Input adalah Amat Baik, (3) Efektivitas komponen proses adalah Baik, (4) Efektivitas komponen produk adalah Baik, (5) kendala yang dihadapi terkait fenomena keterbatasan lahan serta pengembangan program pendidikan, kebijakan pemerintah dalam iplementasi kurikulum 2013, Pengelolaan dana pendidikan yang kurang optimal bagi sekolah swasta, (6) Upaya dalam mengatasi kendala adalah dengan cara melakukan kerjasama antara sekolah, komite, dewan guru, siswa, dan tokoh masyarakat mempunyai perhatian/kepedulian, kesadaran, dan tanggung jawab terhadap keberadaan dan keberlangsungan program sekolah yang telah ditetapkan sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Kata Kunci : Efektivitas Pelaksanaan Program, Manajemen Sekolah, Model CIPP.
Abstract
This study aims to find the effectiveness implementation of School Management program at three Tourism Vocational High School in Badung and Denpasar regency. This research is a combination of qualitative and quantitative research. The sampling technique is done by purposive sampling, based on the characteristics which are deemed to have a close relation with the purpose of the research. The results of this research are: (1) Effectiveness Implementation of school management program is good, (2) Effectiveness of context component is Very Good, (2) Effectiveness of Input component is Very Good, (3) The effectiveness of process component is Good, (4) The effectiveness of product component is Good (5) obstacles faced related to the phenomenon of limited land and the development of educational programs, government policies in iplementasi 2013 curriculum, Management of education funds that are not optimal for private schools, (6) Efforts to overcome obstacles is to cooperate between schools, committees, teachers, students, and community leaders have a concern, awareness, and responsibility for the existence and sustainability of established school programs so as to improve the quality of education.
Keywords: Program Implementation Effectiveness, School Management, CIPP model.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan efektivitas implementasi program Manajemen Sekolah pada tiga SMK Pariwisata di kabupaten Badung dan kodya Denpasar. Penelitian ini merupakan gabungan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Teknik sampling dilakukan dengan purposive sampling, didasarkan pada ciri-ciri yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini adalah: (1) Efektivitas Implementasi program manajemen sekolah adalah Baik, (2) Efektivitas komponen konteks adalah Amat Baik, (2) Efektivitas komponen Input adalah Amat Baik, (3) Efektivitas komponen proses adalah Baik, (4) Efektivitas komponen produk adalah Baik, (5) kendala yang dihadapi terkait fenomena keterbatasan lahan serta pengembangan program pendidikan, kebijakan pemerintah dalam iplementasi kurikulum 2013, Pengelolaan dana pendidikan yang kurang optimal bagi sekolah swasta, (6) Upaya dalam mengatasi kendala adalah dengan cara melakukan kerjasama antara sekolah, komite, dewan guru, siswa, dan tokoh masyarakat mempunyai perhatian/kepedulian, kesadaran, dan tanggung jawab terhadap keberadaan dan keberlangsungan program sekolah yang telah ditetapkan sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Kata Kunci : Efektivitas Pelaksanaan Program, Manajemen Sekolah, Model CIPP.
Abstract
This study aims to find the effectiveness implementation of School Management program at three Tourism Vocational High School in Badung and Denpasar regency. This research is a combination of qualitative and quantitative research. The sampling technique is done by purposive sampling, based on the characteristics which are deemed to have a close relation with the purpose of the research. The results of this research are: (1) Effectiveness Implementation of school management program is good, (2) Effectiveness of context component is Very Good, (2) Effectiveness of Input component is Very Good, (3) The effectiveness of process component is Good, (4) The effectiveness of product component is Good (5) obstacles faced related to the phenomenon of limited land and the development of educational programs, government policies in iplementasi 2013 curriculum, Management of education funds that are not optimal for private schools, (6) Efforts to overcome obstacles is to cooperate between schools, committees, teachers, students, and community leaders have a concern, awareness, and responsibility for the existence and sustainability of established school programs so as to improve the quality of education.
Keywords: Program Implementation Effectiveness, School Management, CIPP model.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Sentosa, P. P., & Kumari Delly, N. K. I. (2017). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM MANAJEMEN SEKOLAH MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA TIGA SMK PARIWISATA. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(2). https://doi.org/10.36002/jmk.v1i2.304
Bagian
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.