IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK PRADNYANDARI II KEROBOKAN KELOD
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Aspek yang sangat penting distimulasi adalah kemampuan kognitif anak usia dini melalui model pembelajaran yang tepat yaitu berhubungan dengan pemecahan masalah, berpikir logis dan berpikir simbolik. Kemampuan kognitif dapat dikembangkan melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang berpusat pada anak sehingga anak dapat menemukan sendiri konsep dari kegiatan yang dilakukan anak dengan bimbingan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok B2 TK Pradnyandari II Kerobokan Kelod. Subjek Penelitian ini yaitu anak Kelompok B2 TK Pradnyandari II Kerobokan Kelod yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan lembar kerja yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan dianalisa secara deskriptif. Hasil observasi awal sebelum tindakan dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing, menunjukkan bahwa ketuntasan anak 20,00%, pada Siklus I ketuntasan anak mencapai 46,67% dan Siklus II mengalami peningkatan ketuntasan mencapai 86,67%. Berdasarkan hasil tersebut, dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada anak Kelompok B2 TK Pradnyandari II Kerobokan Kelod dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak dapat meningkat.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aditya, F., Widiatmaka, P., Rahnang, R., & Purwoko, A. A. (2022). Pembentukan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran yang Bervariatif. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 5(2), hlm 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/japra.v5i2.17351
Anam, K. (2017). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Anandari, N. M. A. M., Prima, E., & Lestari, P. I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Eksperimen Pada Kelompok A Di TK Widya Kumara Dharma Kuta. Jurnal Edukasi, 5, hlm 61–68.
Anggraini, K. C. S. (2022). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Keterampilan Sosial Telaah Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Analisis Sintesis Siswa. Lamongan: Nawa Litera Publishing.
Baiti, N. (2021). Perkembangan Anak Melejitkan Potensi Anak Sejak Dini. Jawa Barat: Guepedia.
Budiyanto, M. A. K. (2019). Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning(SCL). Universitas Muhammadiyah.
Cahaya, I. M. E., Suarni, K., Dantes, N., & Margunayasa, I. G. (2020). The Effect of Guided Inquiry Learning Model on Creativity and Linguistic Ability Viewed From Social Interaction Ability Among Kindergarten Children of Group B. Journal of Education and E-Learning Research, 7(4), hlm 421–429. https://doi.org/10.20448/journal.509.2020.74.421.429
Gainau, M. B. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: PT Kanisius.
Haudi. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri.
Isrok’atum, & Amelia Rosmala. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kasriani, N. W., Marsono, M., & Ariani, N. W. T. (2022). Model Parenting dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 05. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/japra/article/view/19682
Kurniawan, A., Devi Rahmiati Nurmina, Giry Marhento, & Nyanyu yayu Suryani. (2022). Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning. Cirebon: Yayasan Wiyata Bestari Samasta.
Laksana, D. N. L., Jau, M. Y., & Melania Restintuta Ngonu. (2021). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management.
Lestari, P. I., & Prima, E. (2018). Permainan Congklak Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Prosiding, SINTESA, November, hlm 539–546. https://doi.org/https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.525
Rusli. (2023). Metode Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa. Riau: Dotplus Publisher.
Said, M. N. (2019). Dinamika Penduduk. Semarang: Alprin Finishing.
Siregar, T. (2021). Model Pembelajaran Era Society 5.0. Jawa Barat: Insania.
Sugiarti, S. (2021). Cara Cetar Agar Anak Sadar Belajar Sebuah Tranformasi Peran Pendidik. Lampung: Laduny Alifatama.
Sutapa, P. (2022). Pengembangan dan Pembelajaran Motorik pada Anak Usia Dini. Sleman: PT Kanisius.
Sylvia, I. L. A., Purwati, Sriyami, Y., Ambarwati, N., & Natangku, M. (2021). Guru Hebat Di Era Milenial. Jawa Barat: Penerbit Adab.
Warso, A. W. D. D. (2021). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas dan Contohnya. Sleman: Deepublish.