UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MELIPAT, MENGGUNTING DAN MENEMPEL (3M) POP UP BOOK PADA KELOMPOK B2 DI PAUD PELITA KASIH

Main Article Content

Matilde Crofatiana Setia
Christiani Endah Poerwati
Elizabeth Prima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel (3M) pop up book pada Kelompok B2 PAUD Pelita Kasih. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B2 PAUD Pelita Kasih yang berjumlah 15 anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dan masing-masing Siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis statistik deskriptif dan metode anlisisis kualitatf. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa persentase ketuntasan pada tahap observasi awal sebesar 6,67%. Setelah diberikan kegiatan melipat, menggunting dan menempel (3M) pop up book, pada Siklus I persentase ketuntasan anak meningkat menjadi 46,67% dan meningkat lagi pada Siklus II menjadi 86,67%. Berdasarkan hasil data tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel (3M) pop up book mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok B2 PAUD Pelita Kasih.

Article Details

How to Cite
Setia, M. C., Poerwati, C. E., & Prima, E. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MELIPAT, MENGGUNTING DAN MENEMPEL (3M) POP UP BOOK PADA KELOMPOK B2 DI PAUD PELITA KASIH. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.36002/jmk.v8i1.3068
Section
Articles

References

Adri, Z. (2019). Usia Ideal Masuk SD. Gre Publishing.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.

Damayanti, Anita dan Aini, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak 4-5 Tahun Melalui Permainan Melipat Kertas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 4 N.

Hadi, A., Aidiharjo, & Lamo, A. (2022). Kumpulan Rancangan Pembelajaran Menyenangkan Sesuai Kurikulum Merdeka. Guepedia.

Indrijati, H. (2016). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak USUA dINI. kencana (divisi dari prenadamedia group).

Kadiijah dan Zahriani, N. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia dini teori dan strateginya. Merdeka Kreasi Group.

Khadijah dan Amelia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori Dan Praktik. Kencana.

Kisno, Sari, H. A., Jannah, M., & Syafitri, A. R. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Teknik 3M (Melipat, Menggunting dan Menempel)Pada Anak Sekolah Dasar. Golden Age Education, Vol.2 No.1.

Masykuroh, K. dan T. W. (2023). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini. Journal on Early Childhood, Volume 6Is.

Miradj, Safri dan Shofwan, I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Proses Pendidikan Nonformal. CV. Bayfa Cendikia Indonesia.

Retnaningsih, D. (2022). Trit Jitu Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Anaka Usia Dini. Nawa Litera Publisingh.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). PT Bumi Aksara.

Syarifah, A. (2022). Mengembangkan Motorik Halus Anak Prasekolah Dengan Paper Toys. Gramedia.