PENGGUNAAN MEDIA SANDPAPER LETTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AWAL PADA KELOMPOK A
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media sandpaper letter dalam meningkatkan kemampuan menulis awal anak Kelompok A. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A yang berjumlah 17 Anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pengambilan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui metode observasi dan dokumentasi yang di analisa secara deskriftif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil observasi awal sebelum tindakan dengan stimulasi media sandpaper letter, menunjukkan bahwa ketuntasan pada kemampuan menulis awal anak 17,64%, pada Siklus I kriteria ketuntasan mencapai 29,41% dan Siklus II mengalami peningkatan ketuntasan mencapai 88,23%. Berdasarkan hasil setiap siklus, melalui penggunaan media sandpaper letter pada 17 orang anak Kelompok A Bali dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis awal anak dapat meningkat.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media
Akbar, Eliyyil. 2020. Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Medis Group
Arikunto, S. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Fadlillah, M., M.Pd.I.,dkk. 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan. Jakarta: Kencana.
Gutek, Gerald Lee, 2015. Metode Montessori. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasanah, Siti Nur Uswatun. (2020). Analisis Penggunaan Media Sandpaper letter Untuk Keterampilan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun: Jurnal Ceria Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif, Vol.3 No.4 diakses 22 November 2021 http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25p
Indardini, Reni. 2021. Montessori Seni Menggali Potensi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Bentang PustakaMadyawati, Lilis.2016. Strategi Penembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group.
Nurjamal. 2011. Terampil Berbahasa Menyusun Karya Tulis Akademik, Memandu Acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat. Bandung: Alfabeta.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014
Paramita, Vidya Dwina. 2020. Monttesori: Keajaiban Membaca dan Mengeja. Yogyakarta: Penerbit Bentang Anggota Ikapi
Rustiyarso, 2020. Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Noktah
Sari, Fitria Arum. (2020). Kemampuan keaksaraan awal, sandpaper letter, anak usia 4-5 tahun. Jurnal Kumara Cendikia, Vol.8 No.1 diakses 31 Oktober 2021 https://doi.org/10.20961/kc.v8i1.31894
Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Kencana. Jakarta.
Utami, Pratiwi. 2020. Dr. Montessori’s Own Handbook. Yogyakarta: Penerbit Bentang Anggota Ikapi