ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS XI MA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL BIREUEN
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Matematika yang abstrak merupakan salah satu faktor mengapa siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Oleh karena itu, siswa memerlukan kemampuan dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita matematika. Dalam hal ini, kemampuan verbal sangat diperlukan dalam menelaah/menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan matematika, utamanya pada materi SPLDV. Siswa kelas XI MA Muhammadiyah Boarding School Bireuen diketahui bahwa masih terdapat banyak siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi SPLDV. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil 3 orang siswa kelas XI MA Muhammadiyah Boarding School Bireuen yang sesuai dengan kriteria pemilihan subjek penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Setiap hasil tes dianalisis berdasarkan indikator kesulitan menurut Cooney dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperiksa keabsahannya menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Subjek dengan kemampuan verbal baik dalam penelitian ini cenderung tidak mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal, diperlihatkan dari ketiga soal hanya mengalami kesalahan mempelajari konsep dan menyelesaikan masalah verbal pada soal. 2) Subjek dengan kemampuan verbal sedang dalam penelitian ini cenderung mengalami kesalahan dalam menerapkan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal, diperlihatkan pada soal nomor 1 dan 3. 3) Subjek dengan kemampuan verbal kurang dalam penelitian ini mengalami kesalahan mempelajari konsep, menerapkan prinsip, dan menyelesaikan masalah verbal, diperlihatkan pada ketiga soal mengalami kesalahan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aini. Nurul, N. & Mukhlis, M. 2020. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient.” Jurnal Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, Institut Agama Islam Negeri Jember 2, no. 1: 105–28.
Ana, A.R. 2019. “Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Materi Pengukuran Pada Siswa Kelas V SD Se-Gugus Hasanudin Kecamatan Margadana Kota Tegal.” Universitas Negeri Semarang.
Apriyono, F. 2016. “Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender.” Jurnal Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, STKIP Garut 5, no.2: 159–68.
Ayarsha, R. 2016. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Daniyati, N.A. & Sugiman. 2015. “Hubungan Antara Kemampuan Verbal, Kemampuan Interpersonal, Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika.” Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta 1, no.1: 50–60.
Dewi, N.K., Untu, Z., & Dimpudus. A. 2020. “Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII.” Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika 9, no.2 (21 Desember): 61–70. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.217.
Dwidarti. U., Mampouw, H.L., & Setyadi, D. 2019. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3, no.2 (19 Agustus): 315–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110.
Eva, J. 2017. “Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Bangun Ruang Di SMP Kristen Maranatha Pontianak.” Artikel Penelitian, Universitas Tanjungpura Pontianak.
Istiqomah, Nurul, & Rahaju. E.B. 2014. “Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung.” Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Surabaya 3, no.2: 144–49.
Kartini, R.A. 2017. “Pengaruh Kemampuan Verbal Dan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Membuat Model Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Kecamatan Adimulyo Tahun Pelajaran 2016/2017.” Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Khaera, M. 2018. “Deskripsi Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kemampuan Verbal Siswa.” Universitas Negeri Makassar.
Kholil, M. & Apriyono. F. 2018. “Identifikasi Konsep Matematika Dalam Permainan Tradisional di Kampung Belajar Tanoker Ledokombo Jember.” Indonesian Journal of Islamic Teaching, Institut Agama Islam Negeri Jember 1, no.1: 62-75.
Koyan, I.W. 2003. “Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Dan Kemampuan Penalaran Verbal Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.” Jurnal, IKIP Negeri Singaraja.
Kristianto, A. 2012. “Hubungan Lingkungan Pendidikan Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas II Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Se-Kabupaten Sleman.” Universitas Negeri Yogyakarta.
Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. 2017. “Penelitian Pendidikan Matematika” Bandung: PT Refika Aditama.
Sholekah, M., Lailli, Anggreini, D., & Waluyo, A. 2017. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi.” Wacana Akademika 1, no. 2 (2017): 151–164, https://www.researchgate.net/publication/325294377.
Malik, A. 2017. “Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Pada Sistem Kelas VIII SMP Negeri 1 Orong Telu.” TAPM, Universitas Terbuka Jakarta.
Muhammad, N.H. 2018. “Pengaruh Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, Dan Minat Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Makassar.” Universitas Negeri Makassar.
Muklis, dkk. 2014. Matematika Mata Pelajaran Wajib. Klaten: Intan Pariwara.
Mustika, J. 2016. “Psikologi Pendidikan. Modul”. STKIP Kumala Lampung Metro.
Paridjo. 2008. Sebuah Solusi Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika. Universitas Terbuka Semarang.
Purnomo, H. 2019. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: LP3M UMY.
Rabni, Y. 2021. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Minat Belajar.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Rahman, R. 2015. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi KPK Dan FPB Di Kelas VII SMP Negeri 1 Batuda.” Universitas Negeri Gorontalo.
Reskiani. 2018. “Analisis Korelasi Kemampuan Verbal Dan Konsentrasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X SMK Negeri 2 Palopo.” IAIN Palopo.
Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Edited by Warsiman. Alfabeta.
Sasmita. 2019. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas IX1 SMP Negeri 1 Bontomarannu.” Universitas Muhammadiyah Makassar.
SD, M.P.A., & dkk. 2014. “Analisis Kesulitan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung 2, no.2.
Septiana, I. 2018. “Pengembangan LKPD Terintegrasi Nilai-nilai Islam Kelas III SD/MI Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup”. UIN Raden Intan Lampung.
Sholihah, Maret’atush. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas VII MTs Laboratorium UIN-SU T.P 2017/2018.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2018.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutisna. 2010. “Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Yapia Parung-Bogor.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Tim Penyusun. 2021. “Pedoman Karya Tulis Ilmiah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember”. Jember: UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Wahyuddin. 2017. “Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Verbal.” Beta Jurnal Tadris Matematika 9, no. 2 (6 Januari):148. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.9.
Wahyuni, I. 2016. “Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Pesisir Selatan Kecamatan Puger Kabupaten Jember.” Fenomena 15, no. 2 (2 Oktober): 225-238.
Wahyuni, I. 2016. “Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Al-Fitrah 8, no.1.
Yamin, M. 2018. “Deskripsi Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tellusiattinge Kabupaten Bone.” Skripsi, Universitas Negeri Makassar, 2018.
Yusmin, E. 2020. “Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika (Rangkuman dengan Pendekatan Metaethnography).” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura. 2119-2136.