IMPLEMENTASI METODE EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA PG-PAUD

Main Article Content

Ni Made Ayu Suryaningsih
Ni Luh Rimpiati

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa PG-PAUD melalui metode experiential learning. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa PG-PAUD Universitas Dhyana Pura, pada semester VII dan V tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan prosedur empat-tahap, yaitu: 1) Tahap perencanaan, 2) Tahap pengambilan tindakan, 3) Tahap pengembangan, 4) Tahap refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi. Instrumennya adalah lembar observasi yang dilengkapi scoring rubric untuk merekam data kreativitas mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Data dianalisis secara deskriptif, yaitu mempaparkan hasil analisis kritis terhadap observasi aktivitas yang dilakukan mahasiswa selama proses pembelajaran. Hasil yang diperoleh pada pengukuran kreativitas mahasiswa pada observasi awal menunjukan ketuntasan sebesar 27,7%. Setelah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode experiential learning terjadi peningkatan ketuntasan kreativitas mahasiswa pada siklus I menjadi 55,5% dan kembali meningkat di siklus II menjadi 83,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode experiential learning dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa PG-PAUD.
Kata Kunci : mahasiswa PG-PAUD, metode experiential learning, kreativitas
Abstract
This study aims to improve the creativity of PG-PAUD students through experiential learning method. This research was conducted on PG-PAUD students of Dhyana Pura University, in semester VII and V of academic year 2017/2018. This type of research is action research with four-stage procedure, that is: 1) planning stage, 2) stage of action taking, 3) development stage, 4) reflection stage. The study was conducted in two cycles. Data collection in this research using observation technique. The instrument is an observation sheet equipped with scoring rubric to record student's creativity data in following the learning process. Data analyzed descriptively, that is expose result of critical analysis to observation activity conducted by student during learning process. The results obtained on the measurement of student creativity on the initial observation showed a mastery of 27.7%. After the implementation of learning by using experiential learning method, there is an increase of students creativity completeness in cycle I to 55,5% and again increase in cycle II to 83,3%. It can be concluded that through the application of experiential learning method can improve the creativity of PG-PAUD students.
Keywords: PG-PAUD student, experiential learning method, creativity

Article Details

How to Cite
Suryaningsih, N. M. A., & Rimpiati, N. L. (2017). IMPLEMENTASI METODE EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA PG-PAUD. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(2). https://doi.org/10.36002/jmk.v1i2.308
Section
Articles