PENINGKATAN HASIL BELAJAR SANITASI, HYGIENE DAN KESELAMATAN KERJA SISWA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan kelas, khususnya mengkaitkan Hasil Belajar Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja Siswa dengan menggunakan Model Quantum Learning di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) termasuk langka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sanitasi, hygiene dan keselamatan kerja siswa kelas X Jurusan Jasa Boga di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bali Dewata Denpasar dengan penerapan model pembelajaran kuantum (Quantum learning). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan jumlah sampel sebanyak 41 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X jurusan jasa boga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bali Dewata tahun ajaran 2015/2016 setelah diterapkannya model pembelajaran quantum learning pada mata pelajaran sanitasi, hygiene dan keselamatan kerja. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan rata-rata skor 70,95% berada pada kategori “cukup baik”, selanjutnya setelah melalui siklus II, rata-rata hasil belajar siswa menjadi 84,29% dan berada pada kategori “baik”. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 13,34%. Serta terjadi peningkatan ketuntasan klasikal dari yang sebelumnya 31,71% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model quantum learning dalam penelitian ini berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan mampu dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan pada pembelajaran jasa boga untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agung, A.A. Gede, 2014, Metodologi Penelitian Pendidikan, Aditya Media, Malang.
Agung, A.A. Gede, 2015, Statistik Dasar Untuk Pendidikan, Deepublish, Yogyakarta.
Anonim. 2008. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Trasmedia Pustaka.
Ariningsih, Yuli, 2011, Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Quantum Learning di Kelas IV SD N Mangunan 1 Kabupaten Blitar, Skripsi, Universitas Negeri Malang, Malang.
Aunurrahman, 2010, Belajar dan Pembelajaran, Alfabeta, Jakarta.
Chatib, Munif, 2011, Gurunya Manusia Menjadikan Semua Anak Istimewa Dan Semua Anak Juara, Kaifa, Bandung.
DePorter, Bobbi, dkk., 2000, Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas, Edisi Ketiga, Ary Nilandari, Kaifa, Bandung.
( ), 2007, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Edisi Ketiga, Alwiyah Abdurrahman, Kaifa, Bandung.
( ), 2015, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan, Edisi Ketiga, Ary Nilandari, Kaifa, Bandung.
Muhclisin, Fuat, 2012, Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Learning dengan Pendekatan Peta Pikiran (Mind Mapping) terhadap Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Motor Diesel di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Skripsi, Pendidikan Teknik Otomotif , Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Rejeki, Sri, 2015, Sanitasi, Hygiene dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Rekayasa Sains, Bandung.
Sanjaya, Wina, 2008, Kurikulum dan Pembelajaran, Kencana, Jakarta.
Simanjuntak, Lisnawaty, 2013, Sanitasi, Hygiene dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Kemendikbud, Jakarta.
Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.
Trianto, 2011, Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori dan Praktik, Prestasi Pustakaraya, Jakarta.
Pengestika, Anita, 2011, Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Bumi dan Alam Semesta dengan Pembelajaran Quantum Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Pliken, Skripsi, Universitas Muhammadiyah, Purwokerto.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: BNSP.