PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Main Article Content

Ni Nyoman Wintari Wirasaputri
Erpia Ordani Astuti
I Wayan Suryanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization pada mata pelajaran boga dasar unttuk meningkatkan motivasi siswa kelas X Jasa Boga 1 di SMK Negeri 2 Tabanan; 2) untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization pada mata pelajaran boga dasar unttuk meningkatkan motivasi siswa kelas X Jasa Boga 1 di SMK Negeri 2 Tabanan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X Jasa Boga 1 SMK Negeri 2 Tabanan dengan jumah sampel 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengukur motivasi belajar serta tes berupa tes uraian untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terjadinya peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization pada siswa kelas X Jasa Boga 1 SMK Negeri 2 Tabanan Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI memperoleh rata-rata 66,51% berada pada kategori “cukup” sedangkan pada siklus II dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI memperoleh rata-rata 82,40% berada pada kategori “baik”. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus II, peningkatan rata-rata sebesar 15,89%. Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa X Jasa Boga 1 di SMK Negeri 2 Tabanan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada mata pelajaran Boga Dasar Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI memperoleh rata-rata 74,66% berada pada kategori “baik” sedangkan pada siklus II dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI memperoleh rata-rata 84,38% berada pada kategori “baik”. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II, peningkatan rata-rata sebesar 9,72%. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dalam penelitian ini tellah dikatakan berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. hasil penelitian ini diharapkan mampu dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan pada pembelajaran jasa boga untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Wirasaputri, N. N. W., Astuti, E. O., & Suryanto, I. W. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.36002/jmk.v7i1.3083
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Dantes, I Nyoman. 2012, Metode Penelitian, C.V Andi Offset, Yogyakarta.

Kunandar, 2011, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta

Sanjaya, Wina. 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Sanjaya, Wina. 2012, Penelitian Tindakan Kelas, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Slavin, R. 2008, Cooperative Learning: Teori, Riset, and Pratik, Terjemahan Nurulita, Nusa Media, Bandung.