PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JB DI SMK PRSHANTI NILAYAM

Main Article Content

Ni Nyoman Citra Wulandari
i ketut suartana
I Wayan Suryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan nilai post-test pada siswa kelas XI JB SMK Prshanti Nilayam dalam mata pelajaran pengelolaan dan penyajian makanan Indonesia menggunakan model pembelajaran talking stick dengan yang tidak menggunakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan quasi eksperimental design, yaitu Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukan, 1) tidak terdapat perbedaan antara nilai pre-test pada siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, karena P-value (Sig. 2-tailed) = 0,157 lebih dari α = 0,05, 2) terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan nilai post-test pada siswa kelas kontrol, karena hasil uji-t pada kolom Sig.(2 tailed) = 0.000 yang kurang dari α = 0.05, 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan nilai post-test pada siswa kelas eksperimen, karena hasil uji-t pada kolom Sig.(2 tailed) = 0.001 kurang dari α = 0.05, dan 4) terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai post-test pada siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol karena P-value (Sig. 2-tailed) = 0,000 yang kurang dari α = 0,05

Article Details

How to Cite
Wulandari, N. N. C., suartana, i ketut, & Suryanto, I. W. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JB DI SMK PRSHANTI NILAYAM . MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 7(2), 1–7. https://doi.org/10.36002/jmk.v7i2.3085
Section
Articles

References

Arikunto. S, 2002. Evaluasi Program. Yogyakarta: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS). Depdiknas. 2004, Pengembangan Manajemen Berbasis sekolah Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan nasional, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Undang-Undang No 40 Tahun 2008 tentang Standar Sarana Prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK). Jakarta: Depdiknas

Kertiyasa. 2006. Laboratorium Sekolah & Pengelolaannya. Bandung: Pudak Scientific.

Matriyani. 2007. Manajemen Sarana Pendidikan di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Skripsi (Tidak diterbitkan). Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Peraturan Pemerintah No 54 Tahun 2010. Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Jakarta: Depdiknas.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorinetasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Sudiarta. 2013. Pengelolaan Dapur Praktik Program Studi Manajemen Tata Boga STP Bali. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan