PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR TABLE SET-UP DI SMK NEGERI 2 SUKAWATI GIANYAR

Main Article Content

agus narayana
I Wayan Suryanto
Erpia Ordani Astuti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah:1) mengetahui efektivitas implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran tata hidang untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas XI Jasa Boga 2, 2) mengetahui efektivitas implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran tata hidang untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Jasa Boga 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, jumlah sampel sebanyak 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukur kreativitas  belajar serta tes penilaian unjuk kerja untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terjadi peningkatkan kreativitas belajar siswa kelas XI Jasa Boga 2 setelah diterapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran tata hidang khususnya pada materi table set-up Tahun Pelajaran 2015/2016.  Hal ini dilihat dari kreativitas  belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata 65,82%  berada pada kategori “cukup” pada siklus II rata-rata kreativitas siswa 79,13% berada pada kategori “baik”. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan kreativitas belajar siswa pada siklus II, peningkatan rata-rata sebesar 13,31%; 2) terjadi peningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Jasa Boga 2 setelah diterapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran melakukan persiapan dan pengolahan Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 75,13%  berada pada kategori “baik” sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 84,36% berada pada kategori “baik”. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II, peningkatan rata-rata sebesar 9,23%. Penerapan metode demonstrasi dalam penelitian ini telah dikatakan berhasil meningkatkan kreativitas serta hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan mampu dijadikan metode belajar yang dapat digunakan pada pembelajaran jasa boga untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa

Article Details

How to Cite
narayana, agus, Suryanto, I. W., & Astuti, E. O. (2024). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR TABLE SET-UP DI SMK NEGERI 2 SUKAWATI GIANYAR . MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 7(1), 19–26. https://doi.org/10.36002/jmk.v7i1.3089
Section
Articles

References

Hamalik, Oemar. 2001. Strategi Belajar-Mengajar. Badung: Sinar Baru

Hutapea, Parulian dan Nurianna Thoha. 2008. Kompetensi Plus: Teori, Desain, Kasus dan Penerapan untuk HR dan Organisasi yang Dinamis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Majid, A. 2006. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mudjiono. 1995. Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Munib Achmad,dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : UNNES Press

Munandar. 2009. Pengembangan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : Gramedia.

Nawawi. 1981. Pengaruh Hubungan Guru Murid Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jakarta: Depdikbud.

Rumekso. 2005. Manajemen Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University press.

Sanjaya. 2012. Penelitaian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.

Soekidjo Notoatmodjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Wiwoho, Ardjuno. 2008. Pengetahuan tata hidang. Jakarta: Erlangga