PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA DENGAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE MELALUI SETTING LESSON STUDY PADA ANAK KELOMPOK B TK LAB UNDIKSHA DENPASAR
Article Sidebar
Published:
Dec 15, 2017
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 359
Download : 67
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kemampuan bahasa dengan pendekatan whole language melalui lesson study pada anak kelompok B TK Lab Undiksha Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 22 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi. Indikator keberhasilan yang ingin dicapai dalam penelitian ini jika persentase rerata perkembangan bahasa anak mencapai 76% atau berada pada kategori berkembang sangat baik. Hasil penelitian yang didapat terjadi peningkatan kemampuan berbahasa untuk semua indikator, yaitu kemampuan memahami bahasa pada pre siklus sebesar 63,64% (kategori berkembang sesuai harapan), meningkat menjadi 75% (kategori berkembang sesuai harapan) pada siklus I dan 88, 63% (kategori berkembang sangat baik) pada siklus II. Kemampuan mengungkapkan bahasa pada pre siklus sebesar 64,77% (kategori berkembang sesuai harapan), meningkat menjadi 75% (kategori berkembang sesuai harapan) pada siklus I dan 84,09% (kategori berkembang sangat baik) pada siklus II.
Kata kunci: perkembangan bahasa, whole language, lesson study
Abstract
The purpose of this study is to determine the development of language skills with the whole language approach through lesson study in children group B TK Lab Undiksha Denpasar. This research is a classroom action research with 22 research subjects. Data collection in this research using observation technique. The indicator of success to be achieved in this study if the percentage average child language development reaches 76% or is in the category of developing very well. The result of the research is the improvement of language ability for all indicators, that is the ability to understand the language in the pre cycle of 63.64% (the category develops as expected), increased to 75% (categorized as expected) in cycle I and 88, 63% category developed very well) in cycle II. The ability to disclose the language in the pre cycle is 64.77% (the category evolves as expected), increases to 75% (categorized as expected) in cycle I and 84.09% (category develops very well) in cycle II.
Keywords: language development, whole language, lesson study
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kemampuan bahasa dengan pendekatan whole language melalui lesson study pada anak kelompok B TK Lab Undiksha Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 22 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi. Indikator keberhasilan yang ingin dicapai dalam penelitian ini jika persentase rerata perkembangan bahasa anak mencapai 76% atau berada pada kategori berkembang sangat baik. Hasil penelitian yang didapat terjadi peningkatan kemampuan berbahasa untuk semua indikator, yaitu kemampuan memahami bahasa pada pre siklus sebesar 63,64% (kategori berkembang sesuai harapan), meningkat menjadi 75% (kategori berkembang sesuai harapan) pada siklus I dan 88, 63% (kategori berkembang sangat baik) pada siklus II. Kemampuan mengungkapkan bahasa pada pre siklus sebesar 64,77% (kategori berkembang sesuai harapan), meningkat menjadi 75% (kategori berkembang sesuai harapan) pada siklus I dan 84,09% (kategori berkembang sangat baik) pada siklus II.
Kata kunci: perkembangan bahasa, whole language, lesson study
Abstract
The purpose of this study is to determine the development of language skills with the whole language approach through lesson study in children group B TK Lab Undiksha Denpasar. This research is a classroom action research with 22 research subjects. Data collection in this research using observation technique. The indicator of success to be achieved in this study if the percentage average child language development reaches 76% or is in the category of developing very well. The result of the research is the improvement of language ability for all indicators, that is the ability to understand the language in the pre cycle of 63.64% (the category develops as expected), increased to 75% (categorized as expected) in cycle I and 88, 63% category developed very well) in cycle II. The ability to disclose the language in the pre cycle is 64.77% (the category evolves as expected), increases to 75% (categorized as expected) in cycle I and 84.09% (category develops very well) in cycle II.
Keywords: language development, whole language, lesson study
Article Details
How to Cite
Ganing, N. N., & Kristiantari, M. R. (2017). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA DENGAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE MELALUI SETTING LESSON STUDY PADA ANAK KELOMPOK B TK LAB UNDIKSHA DENPASAR. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(2). https://doi.org/10.36002/jmk.v1i2.309
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.