PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN JASA BOGA
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran pengelolaan masakan kontinental dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X jurusan jasa boga tahun pelajaran 2015/2016 di SMK Seni Ukir Tangeb, 2) untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran pengelolaan masakan kontinental dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X jurusan jasa boga tahun pelajaran 2015/2016 di SMK Seni Ukir Tangeb.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X Jurusan Tata Boga SMK Seni UkirTangeb dengan jumlah sampel sebanyak 42 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner untuk mengukur motivasi belajar siswa serta tes esaay untuk mengukur hasil belajar siswa.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terjadi peningkatan motivasi belajar siswa kelas X jurusan jasa boga tahun pelajaran 2015/2016 di SMK Seni Ukir Tangeb setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran pengelolaan masakan kontinental. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 65,27% berada pada kategori “cukup” sedangkan pada siklus II rata-rata motivasi belajar siswa 81,89% berada pada kategori “baik”. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,62%, 2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X jurusan jasa boga tahun pelajaran 2015/2016 di SMK Seni Ukir Tangeb setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran pengelolaan masakan kontinental. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 68,47% berada pada kategori “cukup” sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 84,21% berada pada kategori “baik”. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15,74%.
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam penelitian ini telah dikatakan berhasil meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan mampu dijadikan salah satu alternatif model belajar yang dapat digunakan pada pembelajaran jasa boga untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afreyanti, Lely. 2015. Efektivitas Penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Persiapan Pengolahan Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 4 Yogyakarta. Tersedia pada: http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/4448/27/482. Diakses pada 28 Oktober 2015.
Agung, A.A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
--------------.2015. Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Budiasa. 2007. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Biologi dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Kerambitan Tahun Pelajaran 2007/2008”. Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha.
Frith, Constance. Motivation to Learn. http://www.usask.ca/education/ coursework/802papers/ Frith/Motivation.HTM. Diakses 1 Nopember 2015.
Lie, A. 2009. Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Miftachul, Jannah. 2010. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi di Kelas XI IPA 2 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010”. Tersedia pada: http://Meningkatkan-Motivasi-Belajar Siswa-dalam-Pembelajaran-Biologi-di Kelas XI IPA 2 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010/. Diakses pada: 28 Oktober 2015
Sanjaya, Wina. 2005a. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.
----------------. 2005b. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman A. M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slavin, R.E.1997. Educational Psychology Teory and Practice. 5th (ed). Singapore: Allyn and Bacon
Suryawahyuni Latief. 2008. Meningkatkan Motivasi Belajar. http://202.152.33.84/index.php?option=com_content&task=view&id=13377&Itemid=46. Diakses 26 Oktober 2015.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
----------. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Uno, B. Hamsah. 2008. Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustaka.