PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN KELAS X JASA BOGA
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan metode pengumpulan data, observasi, tes dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X jasa boga pada pelajaran pengetahuan bahan makanan di SMK Wira Harapan dengan model pembelajaran snowball throwing. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terjadi peningkatkan hasil belajar siswa kelas X jasa boga 3 di SMK Wira Harapan setelah diterapkannya model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 69,59% berada pada kategori “cukup” sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 81,29% berada pada kategori “baik”. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 11,7%; 2) terjadi peningkatkan ketuntasan klasikal siswa kelas X jasa boga 3 di SMK Wira Harapan setelah diterapkan model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan klasikal siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 40,54% berada pada kategori “kurang” sedangkan pada siklus II rata-rata ketuntasan klasikal siswa 100% berada pada kategori “baik”. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan ketuntasan klasikal siswa dari siklus I ke siklus II, peningkatan rata-rata sebesar 59,46%.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Asmani, J. Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: Diva Press.
Asrori, Mohib. 2010. Penggunaan Model Belajar Snowball Throwing. http://gurutrenggalek.blogspot.Com/2010/09/penggunaan-model-belajarsnowball.html. Diakses pada 27 Maret 2013.
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV Alvabeta.
Benny.A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Dian Rakya.
Dantes, I Nyoman. 2012. Metodel Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Darmadi, Hamid. 2013. Dimensi-Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Devi, Rukman. 2011. Metode Analisis Kuantitatif. Bandung: Pustaka Utama.
Dimayati dan Moedjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Entin, T. Agustina. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Membuat Produk Kria Kayu dengan Peralatan Manual. UNY: Tidak Diterbitkan.
Fathurroman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fitri, Ardiyanti. 2012. Implementasi Metode Pembelajaran Snowball Throwing dalam Pencapaian Kompetensi Bekerja dalam Satu Tim pada Siswa SMK Negeri 1 Pandak. UNY: Tidak Diterbitkan.
Hizbullah. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SD Negeri 08 Lumaring Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Tidak Diterbitkan.
Ismail, Arif. 2008. Model-Model Pembelajaran Mutahir. Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.
Kemendikbud. 2013. Pengetahuan Bahan Makanan 1 Pengetahuaan Bahan Makanan Nabati Bahan Ajar Sekolah Meengah kejuaruan Kurikulum 2013 Program Keahlian Tata Boga. Jakarta: Kemendikbud.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Rafika Aditama.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Martinis Yamin. 2010. Strategi Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.
Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran:Mengembang Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Media Grup.
. 2012. Faktor–faktor yang Mempengaruhi Hasil belajar. Prenada: Jakarta.
Sardiman A.M. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Garfindo Persada.
Setya, Sipranata. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Perbaikan Motor Otomotif Kelas XI Teknologi Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 1 Salam. UNY: Tidak Diterbitkan.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor–Faktor yang Mempengaruhinya. Rev.ed. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. 2010, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Surabaya : PSMS NESA.
. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikan. Surabaya: Pustaka Belajar.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Syah, Muhhibin. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Gafindo Persada.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovasi-Progresif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Uno, B. Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan Dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Yusuf, Muri. 2014. Metode penelitian kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.