PENGELOLAAN SARANA PRAKTIK JURUSAN JASA BOGA DI SMK SENI UKIR TANGEB

Main Article Content

pradana I Putu
I wayan Suryanto
Erpia Ordani Astuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengelolaan sarana praktik jurusan Jasa Boga di SMK Seni Ukir Tangeb. Penelitian deskriptif ini melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, staf sarana dan prasarana, serta guru Jasa Boga sebagai subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perencanaan sarana praktik pada jurusan jasa boga SMK Seni Ukir Tangeb dilakukan sesuai dengan prosedur, prinsip, prioritas dan ketentuan yang berlaku, 2) pengadaan sarana praktik pada jurusan jasa boga sebagian diperoleh dari bantuan pemerintah. sesuai dengan kebutuhan siswa 3) inventaris sarana praktik pada jurusan jasa boga SMK Seni Ukir Tangeb dicatat pada buku induk inventaris, 4) pemeliharaan sarana praktik pada jurusan jasa boga dilakukan secara berkala oleh guru-guru produktif, 5) sarana praktik jasa boga di SMK Seni Ukir Tangb telah dimanfaatkan oleh guru dan siswa, 6) penggantian sarana praktik di jurusan jasa boga SMK Seni Ukir Tangeb belum pernah dilakukan karena sarana yang dimiliki masih layak pakai.

Article Details

How to Cite
I Putu, pradana, Suryanto , I. wayan, & Astuti, E. O. (2024). PENGELOLAAN SARANA PRAKTIK JURUSAN JASA BOGA DI SMK SENI UKIR TANGEB. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 7(2), 8–15. https://doi.org/10.36002/jmk.v7i2.3105
Section
Articles

References

Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS). Depdiknas. 2004, Pengembangan Manajemen Berbasis sekolah Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan nasional, Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional 2005–2009. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Menyiapkan Tamatan SMK yang Mampu Berperan Aktif dalam Masyarakat Global. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Undang-Undang No 40 Tahun 2008 tentang Standar Sarana Prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK). Jakarta: Depdiknas

Jabar. 2012. Pengelolaan Sarana Pembelajaran Matematika. Skripsi (Tidak diterbitkan). Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Kertiyasa. 2006. Laboratorium Sekolah & Pengelolaannya. Bandung: Pudak Scientific.

Matriyani. 2007. Manajemen Sarana Pendidikan di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Skripsi (Tidak diterbitkan). Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Miles, Matthew B & Huberman, A. Michael. 1994. Analisis Data Kualitatif. (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UniversitasIndonesia Press.

Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005. Standar Proses Pembelajaran. Jakarta:Depdiknas.

Peraturan Pemerintah No 54 Tahun 2010. Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Jakarta: Depdiknas.

Sagala, Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorinetasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Sudiarta. 2013. Pengelolaan Dapur Praktik Program Studi Manajemen Tata Boga STP Bali. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan (Volume 4 Tahun 2013).

Sugiyono, 2008. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta