MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MERONCE BERBANTUAN BAHAN ALAM
Article Sidebar
Published:
Nov 12, 2018
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 974
Download : 460
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kegiatan meronce berbantuan bahan alam dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak. Subjek penelitian adalah anak-anak Kelompok B1 TK Tiara Kasih Kerobokan yang berjumlah 26 anak. Pelaksanaan penelitian berlangsung pada siklus I dan berakhir pada siklus II. Empat tahap yang dilalui pada setiap siklus, yakni: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil observasi awal sebelum dilakukannya tindakan menunjukkan anak yang memiliki ketuntasan kemampuan kognitif yakni 11,54%. Pada penerapan kegiatan meronce berbantuan bahan alam pada Siklus I mengalami peningkatan menjadi 53,85% dan Siklus II telah mencapai indikator keberhasilan, yaitu 84,62%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan meronce berbantuan bahan alam dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok B TK Tiara Kasih Kerobokan.
Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini, Meronce Berbantuan Bahan Alam
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of the natural materials meronce activities in improving children cognitive abilities. The subjects of this study were children of group B1 TK Tiara Kasih Kerobokan which amounted to 26 children. The implementation of the research took place in cycle I and ended in cycle II. The 4 stages of each cycle are planning, execution, observation and reflection. Data collection techniques were using observation sheets and documentation. Descriptive data analysis method with quantitative approach were applied in this research. The results of preliminary observations before the action shows that children who have mastery cognitive ability are 11.54%. In the implementation of the activities in thet cycle I has increased to 53.85% and cycle II has reached the success indicator of 84.62%. Based on these results it can be concluded that the natural materials meronce activities could improve the cognitive abilities of children in group B TK Tiara Kasih Kerobokan.
Keywords: cognitive ability, early chilhood, natural materials meronce
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kegiatan meronce berbantuan bahan alam dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak. Subjek penelitian adalah anak-anak Kelompok B1 TK Tiara Kasih Kerobokan yang berjumlah 26 anak. Pelaksanaan penelitian berlangsung pada siklus I dan berakhir pada siklus II. Empat tahap yang dilalui pada setiap siklus, yakni: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil observasi awal sebelum dilakukannya tindakan menunjukkan anak yang memiliki ketuntasan kemampuan kognitif yakni 11,54%. Pada penerapan kegiatan meronce berbantuan bahan alam pada Siklus I mengalami peningkatan menjadi 53,85% dan Siklus II telah mencapai indikator keberhasilan, yaitu 84,62%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan meronce berbantuan bahan alam dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok B TK Tiara Kasih Kerobokan.
Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini, Meronce Berbantuan Bahan Alam
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of the natural materials meronce activities in improving children cognitive abilities. The subjects of this study were children of group B1 TK Tiara Kasih Kerobokan which amounted to 26 children. The implementation of the research took place in cycle I and ended in cycle II. The 4 stages of each cycle are planning, execution, observation and reflection. Data collection techniques were using observation sheets and documentation. Descriptive data analysis method with quantitative approach were applied in this research. The results of preliminary observations before the action shows that children who have mastery cognitive ability are 11.54%. In the implementation of the activities in thet cycle I has increased to 53.85% and cycle II has reached the success indicator of 84.62%. Based on these results it can be concluded that the natural materials meronce activities could improve the cognitive abilities of children in group B TK Tiara Kasih Kerobokan.
Keywords: cognitive ability, early chilhood, natural materials meronce
Article Details
How to Cite
Krisna, M., Suryaningsih, N. M. A., & Prima, E. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MERONCE BERBANTUAN BAHAN ALAM. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1). https://doi.org/10.36002/jmk.v2i1.415
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.