PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN KELAS X JASA BOGA

Main Article Content

Made Ari Okta Cahyani
Erpia Ordani Astuti
I Ketut Suartana

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan metode pengumpulan data: observasi, tes, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X Jasa Boga pada pelajaran pengetahuan bahan makanan di SMK Wira Harapan, menggunakan model pembelajaran snowball throwing. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terjadi peningkatkan hasil belajar siswa kelas X Jasa Boga di SMK Wira Harapan setelah diterapkannya model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 69,59% berada pada kategori ‘cukup’ sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 81,29% berada pada kategori ‘baik’. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 11,7%; 2) terjadi peningkatkan ketuntasan klasikal siswa kelas X jasa boga 3 di SMK Wira Harapan setelah diterapkan model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan klasikal siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 40,54% berada pada kategori ‘kurang’ sedangkan pada siklus II rata-rata ketuntasan klasikal siswa 100% berada pada kategori ‘baik’. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan ketuntasan klasikal siswa dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan rata-rata sebesar 59,46%.
Kata kunci: Snowball Throwing, Hasil Belajar, Ketuntasan Klasikal.
ABSTRACT
This research is a type of class action research conducted in even-numbered years lesson semester 2016/2017 procedures for research on two cycles with the data collection methods are used observation, tests, and documentation. The purpose of this research study is to know the increase in student learning outcomes grade X Food Service knowledge lesson on food ingredients in SMK Wira Harapan learning model with snowball throwing. Data analysis using quantitative descriptive analysis. The results showed: 1) increased student learning outcomes occur class X Food Service at SMK Wira Harapan after learning model applied to snowball throwing on subjects of knowledge lesson 2016/2017 year of food ingredients. It can be seen from the results of student learning on a cycle I gained an average 69.59% are in the category of ‘enough’ while on cycle II average 81.29% student learning outcomes are on the ‘good’ category. This indicates an increase in the results study have been students from cycle I to cycle II of 11.7%; 2) occurred increased completeness of classical grade X food service 3 at SMK Wira Harapan after learning model applied to snowball throwing on subjects of knowledge lesson 2016/2017 year of food ingredients. It can be seen from the classical completeness students in cycle I gained an average 40.54% are in the category of ‘low’ while on cycle II average to be 100% students of classical completeness residing at the "good" category. This shows an increase has occurred completeness of classical students from cycle I to cycle II, increased an average of 59.46%.
Keywords: Throwing Snowball, Completeness Classical.

Article Details

How to Cite
Cahyani, M. A. O., Astuti, E. O., & Suartana, I. K. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN KELAS X JASA BOGA. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1). https://doi.org/10.36002/jmk.v2i1.416
Section
Articles