MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN ANAK MELALUI METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA KELOMPOK B1 TK DHARMA KUMARA I TIBUBENENG

Main Article Content

Ni Wayan Runtin
Christiani Endah Poerwati

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa lisan anak melalui metode bercerita berbantuan media gambar. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B1 TK Dharma Kumara I Tibubeneng yang berjumlah 25 orang anak. Objek penelitian adalah Kemampuan Berbahasa Lisan. Jenis penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanaknan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, dimana setiap tahapan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan observasi sebelum tindakan anak memiliki kemampuan berbahasa lisan 36%. Pada siklus I meningkat menjadi 88%. Pada siklus II kriteria ketuntasan mencapai 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode bercerita berbantuan media gambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B1 TK Dharma Kumara I Tibubeneng.
Kata Kunci : Kemampuan berbahasa lisan, metode bercerita, media gambar.
ABSTRACT
The aim of the study is to determine the improvement of children’s oral language ability by telling figures method. The research subject is 25 students of group B1 in TK Dharma Kumara I Tibubeneng and the research object is the oral language ability. The type of this research is Classroom Action Research method which held in 2 cycles as 1st cycle and 2nd cycle. Each cycle has their own steps which consist of planning, implementation, observation and reflection. The technique of collecting data is observation, documentation and interview. Data analysis method used is quantitative descriptive analysis. Based on the observation before the implementation found that the oral language ability of the students is 36%. On the 1st cycle increasing into 88% and on the 2nd cycle the implementation indicator increasing until 100%. Based on those result, the conclusion of this study is the telling figure method able to improving oral language ability of students in group B1 of TK Dharma Kumara I Tibubeneng.
Keywords: oral language ability, telling method, figures.

Article Details

How to Cite
Runtin, N. W., & Poerwati, C. E. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN ANAK MELALUI METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA KELOMPOK B1 TK DHARMA KUMARA I TIBUBENENG. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/view/417
Section
Articles