IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JASA BOGA

Main Article Content

Siti Roudhatul Kurnia
I Wayan suryanto

Abstract

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengelolaan masakan kontinental. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas X Tata Boga SMK PGRI 3 Badung. Obyek penelitian ini adalah kreativitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Persentase rerata keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 74,60% berada pada kategori ‘cukup’ selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 91,75% berada pada kategori ‘sangat baik’. (2) Prosentase rerata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 80,26% dengan ketuntasan klasikal sebesar 52,64% berada pada kategori ‘baik’. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 90,92% dengan ketuntasan klasikal 100% berada pada kategori ‘sangat baik’. Sehingga dapat disimpulkan implementasi model pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran pengelolaan masakan kontinental dalam penelitian ini, berhasil meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : model pembelajaran Inkuiri, keaktifan, hasil belajar.
ABSTRACT
The purpose of this research is to know the Implementation of Inquiry Learning Model to improve creativity and student learning continental cuisine management. The type of this research is Classroom Action with observation method. The subjects in this study are class X Culinary SMK PGRI 3 Badung. The Object of this research is creativity and the results of student outcomes. The results showed: (1) The average percentage of students' learning activity on cycle I of 74.60% in the category "enough" category in cycle II increased to 91.75% in the "very good" category. (2) The average percentage of student learning outcomes in the first cycle of 80.26% with classical completeness of 52.64% is in the "good" category. Furthermore, in the second cycle increased to 90.92% with 100% classical completeness in the category of "very good". So it can be concluded the implementation of Inquiry learning model in continental cuisine management subjects in this research, succeeded in increasing the activity and learning outcomes of students.
Keywords: Inquiry learning model, liveliness, learning outcome

Article Details

How to Cite
Kurnia, S. R., & suryanto, I. W. (2018). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JASA BOGA. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1). https://doi.org/10.36002/jmk.v2i1.419
Section
Articles