PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN MODEL LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (DI SMK NEGERI 2 SUKAWATI)

Main Article Content

I Gusti Ayu Eta Kusumadewi
Ni Made Erpia Ordani Astuti

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini ialah : (1) Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan gerakan literasi sekolah dan model learning cycle pada pembelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan gerakan literasi sekolah dan model learning cycle pada pembelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Hopkins dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Jasa Boga 4 SMK Negeri 2 Sukawati. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) Terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan tersebut dilihat dari persentase rerata siklus I sebesar 69,61% sedangkan pada siklus II sebesar 85,65%, Peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis antara siklus I dan II sebesar 16,04%, (2) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dilihat dari persentase rerata siklus I sebesar 78,08% sedangkan pada siklus II sebesar 86,54%, Peningkatan hasil belajar antara siklus I dan II sebesar 8,46%, (3) Terjadi peningkatan ketuntasan klasikal, peningkatan tersebut dilihat dari persentase rerata siklus I sebesar 64,70% sedangkan pada siklus II sebesar 100%. Peningkatan ketuntasan klasikal antara siklus I dan II sebesar 35,30%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan gerakan literasi sekolah dan model pembelajaran learning cycle mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: gerakan literasi sekolah, model learning cycle, berpikir kritis, hasil belajar.
Abstract
The objectives of this study are: 1) To improve students' critical thinking skills with the application of school literacy movements and learning cycle models in learning sanitation, hygiene, and work safety; 2) To improve student learning outcomes with the application of school literacy movements and learning cycle models in learning sanitation, hygiene, and work safety. This type of research is a Hopkins model class action research with quantitative descriptive analysis techniques. The object of this research is the ability to think critically and student learning outcomes. And the subject of this research is the tenth grade students of 4 Food Services at SMK Negeri 2 Sukawati. The results of this study indicate that 1) There was an increase in students' critical thinking skills, the increase was seen from the average percentage of the first cycle of 69.61% while in the second cycle was 85.65%, the increase in the results of critical thinking skills between cycles I and II was 16, 04% 2) There was an increase in student learning outcomes, the increase was seen from the average percentage of the first cycle of 78.08% while in the second cycle was 86.54%, the increase in learning outcomes between cycle I and II was 8.46%, 3) Occurred increase in classical completeness, the increase was seen from the average percentage of the first cycle of 64.70% while in the second cycle was 100% the increase in classical completeness between cycle I and II was 35.30%. The conclusion of this study is that the application of school literacy movements and learning cycle learning models can improve critical thinking skills and student learning outcomes.
Keywords: school literacy movement, learning cycle model, critical thinking, learning outcomes.

Article Details

How to Cite
Kusumadewi, I. G. A. E., & Astuti, N. M. E. O. (2019). PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN MODEL LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (DI SMK NEGERI 2 SUKAWATI). MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2). https://doi.org/10.36002/jmk.v2i2.606
Section
Articles