PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASYARAKAT BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PG-PAUD
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PG-PAUD melalui penerapan model pembelajaran masyarakat belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa PG-PAUD Universitas Dhyana Pura, pada semester II, IV dan VI tahun 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan prosedur empat-tahap, yaitu: (1) Tahap perencanaan, (2) Tahap pengambilan tindakan, 3) Tahap pengembangan dan, (4) Tahap refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni melalui observasi. Proses pengumpulan data melalui teknik observasi ini menggunakan panduan rubrik untuk merekam data mengenai kemampuan berpikir kritis yang ditunjukan oleh mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan kemampuan berpikir kritis pada observasi awal sebesar 25%. Melalui penerapan model pembelajaran masyarakat belajar, kemampuan berpikir kritis mahasiswa mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 56,25% dan siklus II menjadi 81,25%. sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran masyarakat belajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PG-PAUD.
Kata Kunci : mahasiswa PG-PAUD, berpikir kritis, model pembelajaran masyarakat belajar
This study aims to improve the critical thinking skills of PG-PAUD students through the application of community learning model. This research was conducted on PG-PAUD students at Dhyana Pura University, in the second, fourth and sixth semester of 2017/2018. This type of research is action research with four-stage procedures, namely: 1) Planning phase, 2) Stage of action taking, 3) Development phase, 4) Reflection phase. The research was carried out in two cycles. Data collection methods used in this study are through observation. The process of collecting data through this observation technique uses a rubric guide to record data about critical thinking abilities shown by students in following the learning process. The results of the study showed that the percentage of completeness of critical thinking skills on initial observation was 25%. Through the application of the learning community learning model, students' critical thinking skills have increased in the first cycle to 56.25% and the second cycle to 81.25%. So it can be concluded that the application of learning learning community models can improve the critical thinking skills of PG-PAUD students.
Keywords: PG-PAUD students, critical thinking, learning community models
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.