PENGARUH PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS IHDN DENPASAR
Article Sidebar
Published:
Jan 29, 2019
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 347
Download : 137
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh penerapan model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan membaca pemahaman mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IHDN Denpasar pada tiga jenis teks bacaan, yaitu teks Narative, teks Spoof, dan teks Hortatory Exposition. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang menggunakan Pretest-Posttest untuk mengumpulkan data. Desain penelitian ini adalah non-equivalent control group yang berarti kelompok eksperimen diperlakukan berbeda dengan kelompok kontrol. Dalam penelitian ini, data dianalisis dengan menggunakan rumus t-test untuk melihat tingkat kemampuan kedua kelas setelah treatment diberikan. Data penelitian ini adalah nilai mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pre-test dan tes pilihan ganda sebanyak 30 pertanyaan yang berasal dari enam teks dari tiga jenis teks yang berbeda. Temuan penelitian yaitu peningkatan nilai tes rata siswa pada kelas eksperimen dari 60,26 menjadi 67,42. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Reciprocal Teaching memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan mahasiswa dalam membaca tiga jenis teks monolog.
Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Kemampuan Membaca Pemahaman
Abstract
The purpose of this study was to find out the effect of implementing the Reciprocal Teaching model to the English Language Education Department students’ reading comprehension of IHDN Denpasar in three types of reading texts, namely Narrative text, Spoof text, and the Hortatory Exposition text. This study was an experimental study that used Pretest-Posttest to collect data. The design of this study was a non-equivalent control group, which means the experimental group was treated differently from the control group. In this study, data were analyzed using the t-test formula to see the comprehension level of the two classes after the treatment was given. The data of this study were the score of the experimental class and control class students in the pre-test and multiple-choice tests which consisted of 30 questions from six texts of three different types of text. The research findings were an increase in the students’ average test scores in the experimental class from 60.26 to 67.42. Based on the research findings, it could be concluded that the use of Reciprocal Teaching has a better influence on the comprehension of students to read three types of monologue texts.
Keywords: Reciprocal Teaching, Reading Comprehension
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh penerapan model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan membaca pemahaman mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IHDN Denpasar pada tiga jenis teks bacaan, yaitu teks Narative, teks Spoof, dan teks Hortatory Exposition. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang menggunakan Pretest-Posttest untuk mengumpulkan data. Desain penelitian ini adalah non-equivalent control group yang berarti kelompok eksperimen diperlakukan berbeda dengan kelompok kontrol. Dalam penelitian ini, data dianalisis dengan menggunakan rumus t-test untuk melihat tingkat kemampuan kedua kelas setelah treatment diberikan. Data penelitian ini adalah nilai mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pre-test dan tes pilihan ganda sebanyak 30 pertanyaan yang berasal dari enam teks dari tiga jenis teks yang berbeda. Temuan penelitian yaitu peningkatan nilai tes rata siswa pada kelas eksperimen dari 60,26 menjadi 67,42. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Reciprocal Teaching memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan mahasiswa dalam membaca tiga jenis teks monolog.
Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Kemampuan Membaca Pemahaman
Abstract
The purpose of this study was to find out the effect of implementing the Reciprocal Teaching model to the English Language Education Department students’ reading comprehension of IHDN Denpasar in three types of reading texts, namely Narrative text, Spoof text, and the Hortatory Exposition text. This study was an experimental study that used Pretest-Posttest to collect data. The design of this study was a non-equivalent control group, which means the experimental group was treated differently from the control group. In this study, data were analyzed using the t-test formula to see the comprehension level of the two classes after the treatment was given. The data of this study were the score of the experimental class and control class students in the pre-test and multiple-choice tests which consisted of 30 questions from six texts of three different types of text. The research findings were an increase in the students’ average test scores in the experimental class from 60.26 to 67.42. Based on the research findings, it could be concluded that the use of Reciprocal Teaching has a better influence on the comprehension of students to read three types of monologue texts.
Keywords: Reciprocal Teaching, Reading Comprehension
Article Details
How to Cite
Suhardiana, I. P. A., & Oktarina, P. S. (2019). PENGARUH PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS IHDN DENPASAR. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2). https://doi.org/10.36002/jmk.v2i2.608
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.