IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS MAHASISWA

Main Article Content

I Wayan Suryanto
Ni Made Erpia Ordani Astuti

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model Project Based Learning berbasis lesson study terhadap hasil belajar dan kreativitas mahasiswa dalam pembelajaran Pengolahan Usaha Boga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Dhyana Pura. Obyek dari penelitian ini adalah hasil belajar dan kreativitas mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan Prosentase rerata hasil belajar pada siklus I sebesar 75% dengan katagori baik, meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan katagori sangat baik. Prosentase rerata Kreativitas mahasiswa pada siklus I sebesar 68,9% dengan katagori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 86,8% dengan katagori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbasis lessson study pada matakuliah Pengolahan Usaha Boga mampu meningkatkan hasil belajar dan kreativitas mahasiswa.
Kata kunci : Project based learning, lesson study, hasil belajar, kreativitas.
Abstract
The purpose of this study was to determine the effectiveness of the implementation of the Project Based Learning model based on lesson study on the learning outcomes and creativity of students in the learning of Food Business Learning. This type of research is classroom action research with observation methods. The subjects in this study were the sixth semester students of the Family Welfare Education Study Program, Dhyana Pura University. The object of this research is student learning outcomes and creativity. The results of this study indicate that the percentage of average learning outcomes in the first cycle is 75% with a good category, increasing in the second cycle to 85% with a very good category. The percentage of student creativity in the first cycle was 68.9% with enough categories, increasing in the second cycle to 86.8% with a very good category. So that it can be concluded that the application of the lessson study based Project Based Learning model in the Food Business Processing subject is able to improve student learning outcomes and creativity.
Keywords: Project based learning, lesson study, learning outcomes, creativity.

Article Details

How to Cite
Suryanto, I. W., & Astuti, N. M. E. O. (2019). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS MAHASISWA. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2). https://doi.org/10.36002/jmk.v2i2.609
Section
Articles