PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL MEGOAK-GOAKAN TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK WIDYA MEKAR SARI PADANGSAMBIAN KLOD
Article Sidebar
Published:
Jan 29, 2019
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 374
Download : 155
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan sosial-emosional antara kelompok anak yang belajar melalui permainan tradisional megoak-goakan dengan anak yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan quasi exsperimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak Kelompok B TK Widya Mekar Sari yang berjumlah 76 orang anak. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah Kelompok B1 berjumlah 22 anak sebagai Kelompok eksperimen dan Kelompok B3 berjumlah 22 anak sebagai Kelompok kontrol. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil yang didapat thitung 4,56 dan ttabel 1,682 (pada taraf signifikansi 5% dengan dk 42). Oleh karena thitung 4,56 > ttabel 1,682, maka dapat disimpulkan bahwa permainan megoak-goakan berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sosial-emosional pada anak Kelompok B TK Widya Mekar Sari.
Kata Kunci: Permainan Tradisional, Megoak-Goakan, Sosial-Emosional.
ABSTRACT
This study aims to determine the socio-emotional development between groups of children who learn through traditional games megoak-goakan compared to children who study conventionally. This research is a quasi experiment design with nonequivalent control group design. The population in this study were all children of Group B TK Widya Mekar Sari, amounting to 76 children. Sampling is done by cluster random sampling technique. The sample of this study was Group B1 totaling 22 children as an experimental group and B3 group amounted to 22 children as a control group. The results of the research data were analyzed using descriptive analysis and inferential statistics using the t-test. Based on the results obtained t count 4.56 and t table 1.682 (at a significance level of 5% with dk 42). Because of tcount 4.56> t table 1.682, it can be concluded that the game megoak-goakan has a significant effect on the social-emotional development of the children of Group B TK Widya Mekar Sari.
Keywords: Traditional Games, Megoak-Goakan, Social-Emotional
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan sosial-emosional antara kelompok anak yang belajar melalui permainan tradisional megoak-goakan dengan anak yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan quasi exsperimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak Kelompok B TK Widya Mekar Sari yang berjumlah 76 orang anak. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah Kelompok B1 berjumlah 22 anak sebagai Kelompok eksperimen dan Kelompok B3 berjumlah 22 anak sebagai Kelompok kontrol. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil yang didapat thitung 4,56 dan ttabel 1,682 (pada taraf signifikansi 5% dengan dk 42). Oleh karena thitung 4,56 > ttabel 1,682, maka dapat disimpulkan bahwa permainan megoak-goakan berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sosial-emosional pada anak Kelompok B TK Widya Mekar Sari.
Kata Kunci: Permainan Tradisional, Megoak-Goakan, Sosial-Emosional.
ABSTRACT
This study aims to determine the socio-emotional development between groups of children who learn through traditional games megoak-goakan compared to children who study conventionally. This research is a quasi experiment design with nonequivalent control group design. The population in this study were all children of Group B TK Widya Mekar Sari, amounting to 76 children. Sampling is done by cluster random sampling technique. The sample of this study was Group B1 totaling 22 children as an experimental group and B3 group amounted to 22 children as a control group. The results of the research data were analyzed using descriptive analysis and inferential statistics using the t-test. Based on the results obtained t count 4.56 and t table 1.682 (at a significance level of 5% with dk 42). Because of tcount 4.56> t table 1.682, it can be concluded that the game megoak-goakan has a significant effect on the social-emotional development of the children of Group B TK Widya Mekar Sari.
Keywords: Traditional Games, Megoak-Goakan, Social-Emotional
Article Details
How to Cite
Wintari, N. M. W., Cahaya, I. M. E., & Suryaningsih, N. M. A. (2019). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL MEGOAK-GOAKAN TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK WIDYA MEKAR SARI PADANGSAMBIAN KLOD. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2). https://doi.org/10.36002/jmk.v2i2.610
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.