IMPLEMENTASI TARI JANGER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B TK WIDYA PUSPITA CANGGU
Article Sidebar
Published:
Jan 29, 2019
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 299
Download : 202
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatann kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 Tahun di TK Widya Puspita Canggu Tahun Ajaran 2017/2018, yang berjumlah 28 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing tahapan yaitu perencanaan, pengambilan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi. Metode analisis data yang digunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil observasi sebelum melakukan tindakan menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak adalah 22%. Pada Siklus I meningkat menjadi 53.6%, dan pada Siklus II telah mencapai indikator keberhasilan, yaitu 85.7%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan tari janger dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak Kelompok B2 TK Widya Puspita Canggu.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Motorik Kasar, Tari Janger
Abstract
This study aims to determine the increase in gross motor skills of children aged 5-6 years in Widya Puspita Kindergarten in Canggu Academic Year 2017/2018, totaling 28 children. This research was carried out in 2 Cycles, with each stage namely planning, action taking, observation, and reflection. Data collection methods used are observation methods. Data analysis method used is descriptive statistical analysis method and quantitative descriptive analysis method. The results of observation before taking action showed that the gross motor skills of the children was 22%. In Cycle I it increased to 53.6%, and in Cycle II it had reached the success indicator, which was 85.7%. Based on these results it can be concluded that Janger Dance activities can improve children’s gross motor skills in Group B2 of Widya Puspita Kindergarten in Canggu.
Keywords: Early Childhood, Rough Motorics, Janger Dance
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatann kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 Tahun di TK Widya Puspita Canggu Tahun Ajaran 2017/2018, yang berjumlah 28 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing tahapan yaitu perencanaan, pengambilan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi. Metode analisis data yang digunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil observasi sebelum melakukan tindakan menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak adalah 22%. Pada Siklus I meningkat menjadi 53.6%, dan pada Siklus II telah mencapai indikator keberhasilan, yaitu 85.7%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan tari janger dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak Kelompok B2 TK Widya Puspita Canggu.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Motorik Kasar, Tari Janger
Abstract
This study aims to determine the increase in gross motor skills of children aged 5-6 years in Widya Puspita Kindergarten in Canggu Academic Year 2017/2018, totaling 28 children. This research was carried out in 2 Cycles, with each stage namely planning, action taking, observation, and reflection. Data collection methods used are observation methods. Data analysis method used is descriptive statistical analysis method and quantitative descriptive analysis method. The results of observation before taking action showed that the gross motor skills of the children was 22%. In Cycle I it increased to 53.6%, and in Cycle II it had reached the success indicator, which was 85.7%. Based on these results it can be concluded that Janger Dance activities can improve children’s gross motor skills in Group B2 of Widya Puspita Kindergarten in Canggu.
Keywords: Early Childhood, Rough Motorics, Janger Dance
Article Details
How to Cite
Miartini, N. P., Poerwati, C. E., & Rimpiati, N. L. (2019). IMPLEMENTASI TARI JANGER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B TK WIDYA PUSPITA CANGGU. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2). https://doi.org/10.36002/jmk.v2i2.611
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.