IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Article Content

Fitri Handayani
I Ketut Suartana
I Putu Pranatha Sentosa

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa melalui implementasi pembelajaran auditory intellectually repetition pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan siswa kelas X Jasa Boga di SMK Bintang Persada, 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui implementasi pembelajaran auditory intellectually repetition pada mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan siswa kelas X Jasa Boga di SMK Bintang Persada. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas , analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa, pada siklus I memperoleh rata-rata 74,3% berada pada kategori “baik”, sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas siswa 92,3% berada pada kategori “sangat baik”. 2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus I memperoleh rata-rata 80,76% berada pada kategori “baik” sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 90,01% berada pada kategori “sangat baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR) dapat meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa.
Kata kunci: model pembelajaran pengulangan intelektual auditory, aktivitas, hasil belajar
Abstract
The objectives of this study are: 1) To describe student activities through the implementation of intellectually repetition auditory learning on food knowledge subjects in class X catering services at SMK Bintang Persada, 2) To describe improvement in student learning outcomes through the implementation of intellectually repetition auditory learning on subjects Knowledge of Foodstuffs for students of class X catering services at SMK Bintang Persada. This research is a classroom action research, data analysis using quantitative descriptive analysis. The results of the study showed: 1) there was an increase in student learning activeness, in the first cycle obtained an average of 74.3% in the category of "good", while in the second cycle the average activity of students was 92.3% in the category of "very good" . 2) an increase in student learning outcomes, in the first cycle obtained an average of 80.76% in the category of "good" while in the second cycle obtained an average of 90.01% in the category of "very good". So that it can be concluded that the application of intellectually repetition (AIR) auditory learning model can increase the activities and student learning outcomes.
Keywords: auditory intellectually repetition learning model, activity, learning outcomes

Article Details

How to Cite
Handayani, F., Suartana, I. K., & Sentosa, I. P. P. (2019). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1). https://doi.org/10.36002/jmk.v3i1.727
Section
Articles