PENGARUH TEKNIK THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI BAHASA INGGRIS MAHASISWA

Main Article Content

I Putu Andre Suhardiana

Abstract

Abstrak
Kegiatan menulis dalam fungsinya sebagai keterampilan produktif masih dianggap sulit oleh sebagian mahasiswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti perbendaharaan kata yang terbatas dan kurangnya pemahaman tata bahasa Inggris. Faktor tersebut adalah pemicu utama sulitnya mahasiswa mengembangkan ide dan menulis paragraf deskripsi bahasa Inggris yang baik. Oleh karena itu, teknik yang tepat diperlukan dalam penanganan masalah tersebut. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik Think-Talk-Write (TTW) dalam pengajaran menulis paragraf deskripsi bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental yang menggunakan pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang masing-masing terdiri dari 12 mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai uji-t lebih tinggi dari t-tabel 2.744 > 1717 pada tingkat signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan (df) 22. Ini berarti bahwa Null Hipotesis (Ho) yang menyatakan bahwa "Tidak ada efek signifikan dalam penggunaan teknik Think-Talk-Write (TTW) pada kemampuan menulis paragraf deskripsi bahasa Inggris mahasiswa” ditolak. Temuan ini menunjukkan bahwa teknik Think-Talk-Write (TTW) memberi pengaruh signifikan pada kemampuan menulis paragraf deskripsi bahasa Inggris mahasiswa.
Kata Kunci: Think-Talk-Write (TTW), Menulis, Teks Deskripsi.
Abstract
Writing activity within its roles as a productive skill is still considered challenging by some students. This is generated by various factors such as lack of adequate vocabulary knowledge and English grammar understanding. These factors are the foremost triggers that cause a problem for students to develop ideas and write good English descriptive paragraphs. Therefore, the proper technique is required to solve the problem. This article aimed to determine the effect of the Think-Talk-Write (TTW) technique in teaching writing of English descriptive paragraphs. This study used an experimental design that applied pre-test and post-test in the experimental group and the control group, each consisted of 12 students. The results of the data analysis showed that the t-test value was higher than t-table at the 0.05 significance level. This means that the Null Hypothesis (Ho) which stated that "There is no significant effect of using Think-Talk-Write (TTW) technique on students' writing English descriptive paragraphs ability" was rejected. Those findings indicated that the Think-Talk-Write (TTW) technique has a significant influence on students' writing English descriptive paragraphs ability.
Keywords: Think-Talk-Write (TTW), Writing, Descriptive Paragraphs.

Article Details

How to Cite
Suhardiana, I. P. A. (2019). PENGARUH TEKNIK THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI BAHASA INGGRIS MAHASISWA. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1). https://doi.org/10.36002/jmk.v3i1.728
Section
Articles