PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL: SEBUAH INOVASI PENERAPAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN BELAJAR UNTUK PENEMUAN

Main Article Content

I Wayan Sukra Warpala

Abstract

Abstrak
Tujuan pendidikan mestinya tidak hanya menekankan pada perolehan belajar pengetahuan, tetapi harus dapat meningkatkan dan mengembangkan hasil belajar kognitif tingkat tinggi dan keterampilan, serta sikap positif. Penguasaan terhadap pengetahuan dan keterampilan, serta keterwujudan sikap peserta didik memerlukan proses pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran inovatif dapat dilakukan melalui proses yang multi strategi, yang “membawa” peserta didik belajar ke dalam konteksnya. Proses pembelajaran tersebut mengarah kepada model pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual sebagai inovasi yang mengedepankan pemanfaatan sumber belajar yang multi situs dan berkaitan dengan sosio-context masyarakat merupakan pilihan yang strategis untuk pencapaian tujuan pendidikan multikultural dan belajar untuk penemuan. Pencapaian ide pendidikan multikultural dapat dilakukan dengan memodifikasi konsep-konsep pembelajaran kontekstual melalui: penerapan content integration, the knowledge construction process, an equity paedagogy, dan prejudice reduction. Implementasi belajar untuk penemuan bisa dilakukan melalui pengemasan pembelajaran yang diorientasikan pada aktivitas mental berupa akomodasi dan transformasi pengetahuan yang terkait dengan konteks kehidupan sehari-hari. Untuk keefektifan proses, pembelajaran kontekstual dapat dipadukan dengan berbagai seting kooperatif. Keterpaduan pembelajaran kontekstual dengan berbagai seting kooperatif sangat memungkinkan terjadinya ”human relations” (keselarasan hubungan antar manusia dalam pendidikan multikultural) dan terjadinya rekonstruksi sosial melalui diskusi kelompok-kelompok kecil yang anggotanya heterogen.
Kata-kata kunci: pembelajaran kontekstual, pendidikan multikultural, belajar penemuan
Abstract
Educational goals should not only emphasize the acquisition of knowledge learning, but must be able to improve and develop high-level cognitive learning outcomes and skills, as well as positive attitudes. Mastery of knowledge and skills, and the realization of attitudes of students requires an innovative learning process. Innovative learning can be done through a multi-strategy process, which "brings" learners into the context. The learning process leads to a contextual learning model. Contextual learning as an innovation that prioritizes the use of multi-site learning resources and is related to the sosio-context of society is a strategic choice for the achievement of multicultural education goals and learning for discovery. The achievement of the idea of multicultural education can be done by modifying the concepts of contextual learning through: application of content integration, the knowledge construction process, equity equity, and prejudice reduction. The implementation of learning for discovery can be done through packaging learning that is oriented towards mental activities in the form of accommodation and transformation of knowledge that is related to the context of everyday life. For process effectiveness, contextual learning can be combined with various cooperative settings. The integration Of contextual learning with various cooperative settings is very possible for the occurrence of "human relations" (alignment of relations between people in multicultural education) and the occurrence of social reconstruction through discussion of small groups of heterogeneous members.
Key words: contextual learning, multicultural education, learning discovery

Article Details

How to Cite
Warpala, I. W. S. (2019). PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL: SEBUAH INOVASI PENERAPAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN BELAJAR UNTUK PENEMUAN. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1). https://doi.org/10.36002/jmk.v3i1.729
Section
Articles