IMPLEMENTASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF POHON ANGKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP DAN LAMBANG BILANGAN

Main Article Content

Made Ayu Nadi Rahayu
Putu Indah Lestari
I Made Elia Cahaya

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas implementasi APE pohon angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep dan lambang bilangan pada anak. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelompok A di PAUD Kumara Widya Sulangai sebanyak 17 anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tanya jawab, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil observasi awal sebelum dilakukannya tindakan menunjukkan anak memiliki ketuntasan kemampuan mengenal konsep dan lambang bilangan yaitu 23,53%. Implementasi APE pohon angka pada Siklus I mengalami peningkatan menjadi 52,94% dan pada Siklus II mencapai indikator keberhasilan yaitu 82,35%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan implementasi APE pohon angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep dan lambang bilangan pada anak usia Kelompok A di PAUD Kumara Widya Sulangai.
Kata kunci : APE pohon angka, konsep bilangan, lambang bilangan.
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of Numeric Trees Educative Game Tools implementation in increasing the ability to recognize the concepts and symbols of numbers in children. The subjects of this study were 17 students of group A in Kumara Widya Early Children Education of Sulangai. The type of research used was Classroom Action Research and was carried out in four stages, namely the planning stage, implementation phase, observation phase, and reflection phase. Data collection techniques using observation sheets, question and answer, and documentation. Data analysis method used is descriptive data analysis method with a quantitative approach. The results of preliminary observations before the action showed that the child has the ability to know the concept and symbol number of 23.53%. Through the implementation of Numeric Trees Educative Game Tools in Cycle I the ability of children had increased to 52.94% and in Cycle II it reached an indicator of success of 82.35%. Based on these results it can be concluded that the implementation of Numeric Trees Educative Game Tools can improve the ability to recognize the concept and symbol of numbers in group A of Kumara Widya Early Children Education in Sulangai.
Keywords: Numeric Trees Educative Game Tools, number concept, number symbol.

Article Details

How to Cite
Rahayu, M. A. N., Lestari, P. I., & Cahaya, I. M. E. (2019). IMPLEMENTASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF POHON ANGKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP DAN LAMBANG BILANGAN. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1). https://doi.org/10.36002/jmk.v3i1.730
Section
Articles