PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH FISIKA DASAR TERINTEGRASI LIFESKILL MAHASISWA STMIK STIKOM INDONESIA

Main Article Content

Ni Luh Putu Mery Marlinda
Evi Dwi Krisna

Abstract

Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan bahan ajar mata kuliah Fisika Dasar TERINTEGRASI Lifeskill untuk mahasiswa Stmik Stikom Indonesia. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain penelitian pengembangan (Research and Development) yang diikuti penelitian tindakan kelas. Dengan prosedur pengembangan dimulai dari tahap pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap validasi dan uji coba. Sebelum modul dapat digunakan terlebih dahulu dilakukan persamaan persepsi dengan kajian literatur. Kemudian selanjutnya akan divalidasi oleh validator. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang kemudian dikonversikan ke skala empat dan dalam pemberian kriteria digunakan persentase Arikunto. Hasil validasi modul oleh validator berada pada persentase 73% berada di kategori baik. Data pengoptimalan lifeskill berada pada persentase 72% pada aspek thinking skill, 82% pada aspek social skill, dan 76% academic skill. Pengoptimalan lifeskill dapat nilai dengan perencanaan proyek dan hasil proyek. Untuk respon mahasiswa terhadap modul rata-rata berada pada kriteria baik dengan aspek tampilan 68%, kemudahan belajar 74% dan kegunaan modul 76%.
Kata Kunci: Fisika, Lifeskill, Bahan Ajar
Abstract
This development research purpose to produce the development of INTEGRATED Basic Physics teaching material for Lifeskill for Stmik Stikom Indonesia students. This development research uses a research and development design followed by classroom action research. With the development procedure, it starts from the information collection stage, planning stage, validation stage and trial. Before the module can be used first, equality of perception is carried out with literature review. Then it will then be validated by the validator. Data collection was done using a questionnaire which was then converted to a scale of four and in the provision of criteria the percentage of Arikunto was used. The results of module validation by the validator were 73% in the good category. Lifeskill optimization data is at 72% in the aspect of thinking skills, 82% in the social skills aspect, and 76% in academic skills. Optimizing lifeskill can be valued by project planning and project results. For students' responses to the module, the average criteria are good with 68% display aspect, 74% learning ease and 76% module usefulness.
Keywords : Physics, lifeskill, module

Article Details

How to Cite
Marlinda, N. L. P. M., & Krisna, E. D. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH FISIKA DASAR TERINTEGRASI LIFESKILL MAHASISWA STMIK STIKOM INDONESIA. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1). https://doi.org/10.36002/jmk.v3i1.734
Section
Articles