RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN KLINIK CUCI DARAH PADA KLINIK SEMESTA MANDIRI
DOI:
https://doi.org/10.36002/jutik.v6i1.1003Abstract
ABSTRACTInformation systems for now are needed to help facilitate the activities of a company. In the world of health itself, information systems are very important because information systems can make work, especially in the service sector, be more effective and efficient. In this study, researchers created an information system for dialysis services for the Semesta Mandiri Clinic. This information system is used to assist services at the Semesta Mandiri Clinic with several service categories, namely on dialysis patients registration, changes in dialysis patients' schedules, and notification of referral renewal notifications for dialysis patients. Researchers use the PHP programming language and bootstrap framework to make the display of information systems based on this website responsive. Design and Build a Blood Wash Service Information System at the Semesta Mandiri Clinic using the waterfall method. Stages in the design of information systems begins with a survey of what problems exist in service at the Semesta Mandiri Clinic. After conducting a survey the researcher will analyze the solution to each problem that exists and will design a system to facilitate service activities in the clinic. After designing the system the next process is making the information system itself and proceed with the implementation process and maintenance of the information system that has been made. In this study also tested an effectiveness of the system using a questionnaire distributed to respondents consisting of admin, patients and medical personnel at the Semesta Mandiri Clinic. Testing the effectiveness of this information system is carried out using a questionnaire format from the User Experience Questionnaire (UEQ). The results of the tests conducted are good enough, but only need to be refined further in the research that will be carried out next.
Keywords: Service Information System, Waterfall Method, Semesta Mandiri Clinic
ABSTRAK
Sistem informasi saat ini sangatlah dibutuhkan dalam membantu untuk memudahkan kegiatan yang dilakukan sebuah perusahaan. Di dunia kesehatan sendiri juga sistem informasi sangatlah penting karena sistem informasi dapat membuat pekerjaan khususnya di bidang pelayanan dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam penelitian ini peneliti membuat sebuah sistem informasi pelayanan klinik cuci darah untuk Klinik Semesta Mandiri. Sistem informasi ini digunakan untuk membantu pelayanan di Klinik Semesta Mandiri dengan beberapa kategori pelayanan yaitu pada pendaftaran pasien cuci darah, perubahan jadwal pasien cuci darah, dan notifikasi pemberitahuan pembaharuan rujukan untuk pasien cuci darah. Peneliti menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework bootstrap untuk membuat tampilan sistem informasi yang berbasis website ini menjadi responsif. Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Cuci Darah di Klinik Semesta Mandiri dengan menggunakan metode waterfall. Tahapan dalam perancangan sistem informasi diawali dengan survei tentang permasalahan apa saja yang ada dalam pelayanan di Klinik Semesta Mandiri. Setelah melakukan survei peneliti akan menganalisa solusi untuk setiap masalah yang ada dan akan dilakukan perancangan sebuah sistem untuk memudahkan kegiatan pelayanan di klinik. Setelah perancangan sistem proses selanjutnya pembuatan sistem informasi itu sendiri dan dilanjutkan dengan proses implementasi serta dilakukan maintenance dari sistem informasi yang sudah dibuat. Pada penelitian ini juga dilakukan sebuah pengujian efektifitas dari sistem dengan menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada responden yang terdiri dari admin, pasien dan tenaga medis di Klinik Semesta Mandiri. Pengujian efektifitas sistem informasi ini dilakukan dengan menggunakan format kuisioner dari User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil dari pengujian yang dilakukan sudah cukup baik hanya saja perlu disempurnakan lagi pada penelitian yang akan dilakukan selanjutnya.
Kata kunci: Sistem Informasi Pelayanan, Metode Waterfall, Klinik Semesta Mandiri
Downloads
Additional Files
Published
2020-01-23
How to Cite
Kuncoro, A., Fredlina, K. Q., & Anggara, I. N. Y. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN KLINIK CUCI DARAH PADA KLINIK SEMESTA MANDIRI. JUTIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 6(1). https://doi.org/10.36002/jutik.v6i1.1003
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.