SISTEM INFORMASI PELANGGAN (SINGGAN) PDAM KOTA DENPASAR BERBASIS ANDROID

Authors

  • Joko Santoso Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Made Darma Susila
  • I Putu Oka Juliantara

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v6i2.1019

Abstract

ABSTRACT
PDAM Denpasar is the Regional Water Company in the city of Denpasar. Now, PDAM Denpasar
already has a Customer Information System however there are still deficiencies in the delivery of
information to customers and attract new customers. Registration of new customers and the survey
was handled by officers and required time to carry out the registration and surveys. In addition,
potential customers should also visit the counters PDAM Denpasar to being recorded, and submit the
registration requirements. The development of smart phone technology with the mobile operating
system greatly facilitates the development of applications that aim to overcome these problems. So the
queues in the submission of the registration requirement can be reduced and the registration process
becomes shorter. Results of the research is a SINGGAN application that can handle customer
registration process, Customer Surveys, Monthly Checking Account, Report Stan and Customer
Complaints in one application that allows customers to access the service.
Keywords: SINGGAN, android, PDAM
ABSTRAK
PDAM Kota Denpasar merupakan Perusahaan Daerah Air Minum untuk wilayah Kota Denpasar. Saat
ini, telah memiliki Sistem Informasi Pelanggan namun masih terdapat kekurangan dalam penyampaian
informasi kepada pelanggan dan menjaring pelanggan baru. Pendaftaran pelanggan baru dan survei
masih ditangani oleh petugas dan diperlukan waktu untuk melakukan pendaftaran dan survei. Selain
itu, calon pelanggan juga harus mengunjungi loket-loket PDAM Kota Denpasar untuk didata dan
menyerahkan persyaratan pendaftaran. Perkembangan teknologi ponsel cerdas dengan sistem operasi
mobile sangat memudahkan dalam pembangunan aplikasi yang bertujuan untuk mengatasi
permasalahan tersebut. Sehingga antrian dalam penyerahan persyaratan pendaftaran dapat dikurangi
dan proses pendaftaran menjadi lebih singkat. Hasil penelitian berupa aplikasi SINGGAN yang dapat
menangani proses Pendaftaran Pelanggan, Survei Pelanggan, Pengecekan Rekening Bulanan, Lapor
Stan dan Keluhan Pelanggan dalam satu aplikasi yang memudahkan pelanggan mengakses layanan
tersebut
Kata Kunci : SINGGAN, android, PDAM

Downloads

Additional Files

Published

2020-01-24

How to Cite

Santoso, J., Susila, I. M. D., & Juliantara, I. P. O. (2020). SISTEM INFORMASI PELANGGAN (SINGGAN) PDAM KOTA DENPASAR BERBASIS ANDROID. JUTIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 6(2). https://doi.org/10.36002/jutik.v6i2.1019