USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE WEBQUAL 4.0 ROLLOVER-REACTION.COM UNTUK MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Authors

  • Nufian Febriani

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v6i2.1021

Abstract

ABSTRACT
User Interface (UI) and User Experience (UX) are forms of digital marketing that are starting to be used by marketing teams to increase the brand strength of a product or service. So we need a business strategy that has a visual appearance of the website that is able to attract the attention of consumers. Getting consumers' attention is the first step for marketing to make consumers end up loyal to a product or brand or service. Therefore, marketers have begun to strategize to create attractive and interactive visual displays so that consumers make a purchase. To achieve these objectives, a UI design is needed that can increase consumer satisfaction through UX that can help consumers use every element of the UI in a smooth, clear and logical way. The method used in this research is quantitative through a survey of 100 respondents who were randomly selected from a list of rollover-reaction.com consumers who have made purchases on the website. The 100 respondents will be given research instruments in the form of questionnaires to be filled out and the results of the survey will be tabulated in SPSS-V26 for later interpreted in the form of narratives and infographics. While the purpose and benefits of this research are to find out how effective the use of UI and UX to increase the purchase of a product and through this research, can produce valid and reliable instruments for measuring the effectiveness of UI and UX on the website. In addition, UI and UX produce reports and references for the creative industries in terms of formulating their digital marketing strategies.
Keywords: User Interface, User Experience, Digital Marketing
ABSTRAK
User Interface (UI) dan User Experience (UX) adalah salah satu bentuk digital marketing yang mulai digunakan tim pemasaran untuk meningkatkan kekuatan brand sebuah produk atau jasa. Maka diperlukan sebuah strategi bisnis yang memiliki tampilan visual website yang mampu menarik perhatian konsumen. Mendapatkan perhatian konsumen adalah langkah awal bagi pemasaran untuk membuat konsumen berakir loyal pada sebuah produk atau merek atau jasa. Karenanya, pemasar mulai berstrategi untuk membuat tampilan visual yang menarik dan interaktif agar konsumen melakukan pembelian. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan desain UI yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen melalui UX yang dapat membantu konsumen menggunakan setiap unsur dalam UI dengna lancar, jelas dan logis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif melalui survey terhadap 100 orang responden yang dipilih secara acak dari daftar konsumen rollover-reaction.com yang sudah pernah melakukan pembelian di website tersebut. 100 orang responden tersebut akan diberikan instrument penelitian berupa kuesioner untuk diisi dan hasil dari survey tersebut akan ditabulasi dalam SPSS-V26 untuk kemudian diinterpretasikan dalam bentuk narasi dan infografis. Sedangkan tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan UI dan UX untuk meningkatkan pembelian sebuah produk serta melalui penelitian ini, dapat menghasilkan instrument valid dan reliabel untuk pengukuran efektifitas UI dan UX pada website. Selain itu, UI dan UX ini menghasilkan laporan serta rujukan bagi industri kreatif dalam hal perumusan strategi pemasaran digitalnya.
Kata Kunci : User Interface, User Experience, Digital Marketing

Downloads

Additional Files

Published

2020-01-24

How to Cite

Febriani, N. (2020). USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE WEBQUAL 4.0 ROLLOVER-REACTION.COM UNTUK MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. JUTIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 6(2). https://doi.org/10.36002/jutik.v6i2.1021