PENGARUH WEBQUAL 4.0 TERHADAP MINAT BELI (STUDI KUANTITATIF PADA E-COMMERCE MATAHARIMALL.COM)

Authors

  • Wayan Weda Asmara Dewi
  • Adinda Widya Des Naya

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v6i2.1024

Abstract

ABSTRACT
This study aimed to determine the effect of WebQual 4.0. (X) towards the purchase intention (Y) at Mataharimall.com. This study used the concept of Marketing Communication that focussed on Internet Marketing through website. This study used Usability (X1), Information Quality (X2), and Service Interaction Quality (X3) variables. This type of research is quantitative explanative with survey method. This study also aimed to determine what variables are the most dominant in influenced consumer purchase intention. The sample of this study amounted to 272 respondents with purposive sampling technique. The result of this research showed that all the variables of WebQual 4.0 simultaneously influence significantly to the purchase intention at Mataharimall.com. Partially or individually variables that significantly influence purchasing intention are Usability (X1) and Service Interaction Quality (X3). While the Information Quality (X2) variable does not significantly influence the intention of purchase. The most dominant variable affected consumer purchase intention is Service Interaction Quality (X3).
Keywords: WebQual 4.0, Usability, Information Quality, Service Interaction Quality, Purchase Intention
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh WebQual 4.0 (X) terhadap Minat Beli (Y) pada Mataharimall.com. Penelitian ini menggunakan konsep Komunikasi Pemasaran yang berfokus pada Internet Marketing melalui website. Penelitian ini menggunakan variabel Usability (X1), Information Quality (X2), dan Service Interaction Quality (X3). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif dengan metode survey. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui variabel apa yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli konsumen. Sampel penelitian ini berjumlah 272 responden menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menghasilkan secara bersama-sama seluruh variabel WebQual 4.0 berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli pada e-commerce Mataharimall.com. Secara parsial atau individu, variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli adalah Usability (X1) dan Service Interaction Quality (X3). Sedangkan, variabel Information Quality (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat beli konsumen adalah variabel Service Interaction Quality (X3).
Kata Kunci: WebQual 4.0, Usability, Information Quality, Service Interaction Quality, Minat Beli.

Downloads

Additional Files

Published

2020-01-24

How to Cite

Dewi, W. W. A., & Naya, A. W. D. (2020). PENGARUH WEBQUAL 4.0 TERHADAP MINAT BELI (STUDI KUANTITATIF PADA E-COMMERCE MATAHARIMALL.COM). JUTIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 6(2). https://doi.org/10.36002/jutik.v6i2.1024