ANALISIS PENGARUH PENERIMAAN PENGGUNA E-LEARNING (SCHOOLOGY) PADA MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE TAM (STUDI KASUS STMIK PRIMAKARA)

Authors

  • I Nyoman Yudi Anggara Wijaya
  • I Putu Kusuma Negara

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v7i1.1298

Abstract

ABSTRACT
Educational institutions are one of the public sectors that utilize information technology. STMIK Primakara is an educational institution that has implemented e-learning learning methods with the introduction and implementation of e-learning turned out to get a variety of reactions from the academic community at STMIK Primakara, the author considers Theory Acceptance Model (TAM) is a theory that can and is suitable to determine perceptions and student attitudes towards e-learning. This study uses self-efficacy factors, subjective norms (subjective norm), and system accessibility as external variables that affect perceptions of usefulness, perceived ease of use, attitudes and intentions of use. This research produces findings that self-confidence, and subjective norms affect the intention to use the system. In addition, subjective norms also affect attitudes. The results of this study also support the theory of social motivation that high self-confidence will result in a more active learning process. In this study the constructs used are organizational factors (Organizational Factor), the ability of a person to use a computer (Computer Efficacy), perceptions of usability (Perceived Usefulness), perceptions of ease of use (Perceived of use), user attitudes (Attitude Toward Using), intention to use (Behavioral intention to Use) and the actual conditions of system use (Actual System Use). Additional variables that might have a small effect on acceptance are the organizational factor construct (Organizational Factor) and one's ability to use computers (Computer Efficacy)..
Keywords: Technology Acceptance Model, AMOS, E-learning.
ABSTRAK
Lembaga pendidikan merupakan salah satu sektor publik yang memanfaatkan teknologi informasi. STMIK Primakara merupakan sebuah institusi pendidikan yang telah menerapkan metode pembelajaran e-learning dengan diperkenalkan dan diterapkannya e-learning ternyata mendapatkan berbagai reaksi dari civitas akademis di STMIK Primakara, Penulis menganggap Theory Acceptance Model (TAM) merupakan teori yang bisa dan cocok dipakai untuk mengetahui persepsi dan sikap mahasiswa terhadap e-learning. Penelitian ini menggunakan faktor keyakinan diri (self-efficacy), norma subyektif (subjective norm), dan aksesibilitas sistem sebagai variabel eksternal yang mempengaruhi persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, sikap dan niat penggunaan. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa keyakinan diri, dan norma subyektif mempengaruhi niat untuk menggunakan sistem. Selain itu, norma subyektif juga mempengaruhi sikap. Hasil penelitian ini juga mendukung teori motivasi sosial bahwa tingginya keyakinan diri akan menghasilkan proses pembelajaran yang lebih aktif. Dalam penelitian ini konstruk yang dipakai yaitu fakor organisasi (Organizational Factor), kemampuan seseorang dalam menggunakan komputer (Computer Efficacy), persepsi tentang kegunaan (Perceived Usefulness), persepsi tentang kemudahan penggunaan (Perceived of use), sikap pengguna (Attitude Toward Using), niat untuk menggunakan (Behavioral intention to Use) dan kondisi nyata penggunaan sistem (Actual System Use). Variabel tambahan yang mungkin memeliki pengaruh kecil terhadap penerimaan yaitu konstruk fakor organisasi (Organizational Factor) dan kemampuan seseorang dalam menggunakan komputer (Computer Efficacy).
Kata Kunci : Technology Acceptance Model, AMOS, E-learning

Downloads

Additional Files

Published

2021-01-13

How to Cite

Wijaya, I. N. Y. A., & Negara, I. P. K. (2021). ANALISIS PENGARUH PENERIMAAN PENGGUNA E-LEARNING (SCHOOLOGY) PADA MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE TAM (STUDI KASUS STMIK PRIMAKARA). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 7(1). https://doi.org/10.36002/jutik.v7i1.1298

Most read articles by the same author(s)