PERANCANGAN PENJADWALAN MENGGUNAKAN METODE TABU SEARCH BERDASARKAN ANALISA PIECES

Authors

  • Made Suci Ariantini
  • Ayu Manik Dirgayusari

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v7i1.1299

Abstract

ABSTRACT
This research produces a scheduling design using the taboo search method based on PIECES analysis. The system built will be used to assist the school in processing subject scheduling. The research method used in this research is using the waterfall method and PIECES analysis. The research stages started from observation and interviews, system design and interface design. The output of this research is a scheduling design using the taboo search method based on PIECES analysis where the input data is subject data, teacher data, student data, day and hour data which results in a scheduling report output. The report is used as a teaching schedule at SMK PGRI 4 Denpasar.
Keywords: schedule, subjects, PIECES, taboo search
ABSTRAK
Penelitian ini menghasilkan perancangan penjadwalan menggunakan metode tabu search berdasarkan analisa PIECES. Sistem yang dibangun akan digunakan untuk membantu pihak sekolah dalam memproses penjadwalan mata pelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode waterfall dan analisis PIECES. Tahapan penelitian dimulai dari observasi dan wawancara, perancangan sistem dan perancangan antarmuka. Luaran penelitian ini berupa rancangan penjadwalan menggunakan metode tabu search berdasarkan analisa PIECES dimana input data berupa data mata pelajaran, data guru, data siswa, data hari dan jam yang menghasilkan output berupa laporan penjadwalan. Laporan tersebut dijadikan sebagai jadwal mengajar di SMK PGRI 4 Denpasar.
Kata Kunci : jadwal, mata pelajaran, PIECES, tabu search

Downloads

Additional Files

Published

2021-01-13

How to Cite

Ariantini, M. S., & Dirgayusari, A. M. (2021). PERANCANGAN PENJADWALAN MENGGUNAKAN METODE TABU SEARCH BERDASARKAN ANALISA PIECES. JUTIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 7(1). https://doi.org/10.36002/jutik.v7i1.1299

Most read articles by the same author(s)