KOMPARASI ALGORITMA WINNOWING DAN JARO - WINGKLER MENDETEKSI KEMIRIPAN TUGAS MAHASISWA

Authors

  • Ida Bagus Ketut Surya Arnawa

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v7i3.1520

Abstract

ABSTRACT
Education is a conscious effort made by humans in order to develop their potential through the learning process. In the learning process, especially in tertiary institutions, students get assignments from lecturers, which is something that usually happens. Giving assignments aims to train responsibility and build student initiative and creativity as well as measure the level of understanding of the material presented. When correcting lecturers often find plagiarism actions on student assignments, especially assignments in essay form which require students to answer according to the student's own opinion. Plagiarism acts This is a bad act and should be avoided. In an effort to overcome this act of plagiarism, especially in correcting student assignments, a lecturer finds many obstacles, namely the difficulty in measuring the level of plagiarism of one student's work with one another considering the number of student assignments that must be corrected manually. In Text Mining there are techniques that allow for matching. between documents, including Jaro-Winkler, Winnowing and so on. Each algorithm has advantages and disadvantages. From the problems that have been described, the authors compare the performance of the Jaro-Winkler and Winnowing algorithms. The result of this research is that the winnoing algorithm has better performance than the Jaro-Winkler algorithm.
Keywords: comparison, jaro-winkler , winnowing, manber.
ABSTRAK
Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh manusia agar dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran khususnya di perguruan tinggi mahasiswa mendapatkan tugas dari dosen merupakan sesuatu yang lazim terjadi. Pemberian tugas bertujuan untuk melatih tanggung jawab dan membangun inisiatif serta kreatifitas mahasiswa erta mengukur tingkat pemahaman terhadap materi yang disampaikan.Saat mengkoreksi dosen sering menemukan tindakan plagiarisme pada tugas mahasiswa terutama tugas dalam bentuk essay yang mewajibkan mahasiswa untuk menjawab sesuai pendapat mahasiswa itu sendiri.Tindakan plagiarisme merupakan tindakan yang tidak baik dan patut untuk dihindari diatasi. Dalam upaya mengatasi tindakan plagiarisme ini khususnya dalam mengkoreksi tugas mahasiswa seorang dosen banyak menemukan kendala yaitu kesulitan dalam mengukur tingkat plagiarisme tugas mahasiswa yang satu dengan yang lainnya mengingat banyaknya tugas mahasiswa yang harus dikoreksi dengan cara manual.Dalam Text Mining terdapat teknik yang memungkinkan untuk melakukan pencocokan antar dokumen yaitu diantaranya Jaro-Winkler, Winnowing dan lain sebagainya. Setiap algoritma memiliki kekurangan dan kelebihan. Dari permasalah yang telah dijabarkan penulis membandingkan unjuk kerja algoritma Jaro-Winkler dan Winnowing. Hasil dari penelitian ini yaitu algoritma winnoing memiliki unjuk kerja yang lebih baik dari pada algoritma Jaro-Winkler. Kata Kunci : komparasi, jaro-winkler, winnowing.

Downloads

Additional Files

Published

2021-10-08

How to Cite

Surya Arnawa, I. B. K. (2021). KOMPARASI ALGORITMA WINNOWING DAN JARO - WINGKLER MENDETEKSI KEMIRIPAN TUGAS MAHASISWA. JUTIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 7(3). https://doi.org/10.36002/jutik.v7i3.1520