ANALISIS ASOSIASI UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS: STMIK PRIMAKARA)

Main Article Content

I Made Artana
Nengah Widya Utami

Abstract

ABSTRACT
Determining the right promotional strategy will be able to reduce promotional costs and achieve more appropriate promotional goals. One way that can be done to explore knowledge that can be used for promotion plans is to use association analysis. Apriori algorithm is an association technique in data mining to find the associative rule of item combinations. The research was conducted according to the stages in the CRISP-DM method starting from Business Understanding, Data Understanding, Data Preparation, Modeling, Evaluation, and Deployment. The results showed that 6 (six) associative rules were obtained to show the associative selection of study programs for the area of origin and type of school with the highest confidence value of 70%. Students who choose the Informatics Engineering study program mostly come from the types of vocational schools in the Badung and Denpasar areas, while students who choose the Information Systems study program mostly come from the types of high schools in the Badung area and vocational schools in the Denpasar area, and students who choose the study program Most of the accounting information systems come from high schools in the Badung area and vocational schools in the Denpasar area. Furthermore, the research results can be used by the management of STMIK Primakara to be used as a reference/guideline in determining policies and making decisions in determining higher education promotion strategies.
Keywords: Association, Promotion, Apriori, STMIK Primakara.
ABSTRAK
Penentuan strategi promosi yang tepat akan dapat mengurangi biaya promosi dan mencapai sasaran promosi yang lebih tepat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menggali pengetahuan yang dapat dimanfaatkan untuk rencana promosi adalah dengan menggunakan analisis asosiasi. Algoritma Apriori merupakan teknik asosiasi dalam data mining untuk menemukan aturan assosiatif kombinasi item. Penelitian dilakukan sesuai dengan tahapan pada metode CRISP-DM mulai dari Business Understanding, Data Understanding, Data Preparation, Modeling, Evaluation, dan Deployment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh 6 (enam) aturan asosiatif untuk menunjukkan asosiatif pemilihan program studi terhadap daerah asal dan jenis sekolah dengan nilai confidence tertinggi 70%. Mahasiswa yang memilih program studi Teknik Informatika lebih banyak berasal dari jenis sekolah SMK di daerah Badung dan Denpasar, sedangkan mahasiswa yang memilih program studi Sistem Informasi lebih banyak berasal dari jenis sekolah SMA di daerah Badung dan SMK di daerah Denpasar, dan mahasiswa yang memilih program studi Sistem Informasi Akuntansi lebih banyak berasal dari SMA di daerah Badung dan SMK di daerah Denpasar. Selanjutnya hasil penelitian dapat digunakan oleh manajemen STMIK Primakara untuk dapat dijadikan acuan/pedoman dalam menentukan kebijakan dan pengambilan keputusan dalam menentukan strategi promosi perguruan tinggi.
Kata Kunci : Asosiasi, Promosi, Apriori, STMIK Primakara.

Article Details

How to Cite
Artana, I. M., & Utami, N. W. (2021). ANALISIS ASOSIASI UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS: STMIK PRIMAKARA). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 7(3). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jutik/article/view/1525
Section
Articles