DIGITAL KNOWLEDGE REPOSITORY SEBAGAI MEDIA PUSAT PENGELOLAAN ILMU DAN PENGETAHUAN PERGURUAN TINGGI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI
DOI:
https://doi.org/10.36002/jutik.v7i4.1541Abstract
ABSTRACTThe focus of this research is to develop a Digital Knowledge Repository service based on information technology that can be used as a media center for the management of Science and Knowledge produced from a university. The knowledge referred to in this research is all outputs resulting from the practice of Tri Dharma Perguruan Tinggi, namely scientific journals, final project reports, textbooks, research models or products, electronic books, multimedia files and other similar outputs. Knowledge will be displayed in the form of a digital catalog that can be accessed online. The method used in this research is a qualitative approach with case studies. Data collection is done through in-depth interviews, observation, and documentation studies. The data obtained will be used as a basis for developing Digital Knowledge Repository services. This research resulted in a Digital Knowledge Repository platform. Besides being able to manage knowledge in the form of electronic documents, this application can also manage knowledge in the form of video, audio and images. The application of the self-service concept in this application makes it easier and faster for users to manage their accounts and knowledge.
Keywords: Knowledge Repository, Information Technology, Digitalization.
ABSTRAK
Fokus penelitian ini adalah mengembangkan sebuah layanan Digital Knowledge Repository berbasis teknologi informasi yang dapat digunakan sebagi media pusat pengelolaan Ilmu dan Pengetahuan yang dihasilkan dari sebuah perguruan tinggi. Yang dimaksud dengan knowledge pada penelitian ini adalah semua luaran yang dihasilkan dari pengamalan tri dharma perguruan tinggi antara lain jurnal ilmiah, laporan hasil tugas akhir, buku ajar, model atau produk hasil penelitian, buku elektronik, file multimedia serta luaran sejenis lainnya. Knowledge yang ada akan ditampilkan dalam bentuk katalog digital yang dapat diakses secara online. Selain itu katalog yang ditampilkan dapat dikelompokan sesuai dengan atribut data yang dimiliki, seperti penulis atau kontributor knowledge, tahun luaran, kategori, jurusan, penerbit, serta data atribut sejenis lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang didapat akan digunakan sebagai landasan dalam mengembangkan layanan Digital Knowledge Repository. Penelitian ini menghasilkan sebuah platform Digital Knowledge Repository. Selain dapat mengelola knowledge dalam bentuk elektronik dokumen, aplikasi ini juga dapat mengelola knowlege dalam bentuk video, audio maupun gambar. Penerapan konsep self-service pada aplikasi ini, membuat pengguna lebih mudah dan cepat dalam mengelola akun serta knowledge yang dimiliiki.
Kata Kunci : Repositori Pengetahuan, Teknologi Informasi, Digitalisasi.
Downloads
Additional Files
Published
2021-10-08
How to Cite
Adi Nugroho, I. M. R., Sukarata, P. G., & Suta Atmaja, I. M. A. D. (2021). DIGITAL KNOWLEDGE REPOSITORY SEBAGAI MEDIA PUSAT PENGELOLAAN ILMU DAN PENGETAHUAN PERGURUAN TINGGI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. JUTIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 7(4). https://doi.org/10.36002/jutik.v7i4.1541
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.