ANALISA SENTIMEN TERHADAP REVIEW LAYANAN FINTECH DENGAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER

Main Article Content

Sephy Lavianto
I Wayan Diana Putra Adnyana

Abstract

ABSTRACT
The financial sector has become one of the sectors or fields that have experienced significant changes in the industrial era 4.0, known as Financial Technology (FinTech). FinTech is here to answer the problem of public financial access to conventional financial institutions. The rapid development of fintech because it has several advantages, including technology that is able to support changes in product and service innovation, as well as business model innovation in a fast-paced, practical and sophisticated era. But on the other hand, fintech has weaknesses. One of these weaknesses is the risk that will be borne both from the side of fintech actors/companies and fintech users. To make it easier for users to find information related to services provided by fintech companies, a sentiment analysis is needed. This sentiment analysis is needed to review the services provided by fintech companies. In the research, there are several stages including the identification of input data, pre-processing / preprocessing, classification with the Nave Nayes classifier (NBC) method and output. Based on the accuracy test of the sentiment classification of the fintech service reviews that have been made, an accuracy of 75% is obtained with a total of 7 true positives, 8 true negatives, 2 false positives, and 3 false negatives.
Keywords: sentiment analysis, fintech, NBC
ABSTRAK
Sektor keuangan menjadi salah satu sektor atau bidang yang mengalami perubahan signifikan di era industri 4.0, yang dikenal dengan istilah Financial Technology (FinTech). FinTech hadir untuk menjawab permasalahan akses keuangan masyarakat pada lembaga keuangan konvensional. Perkembangan fintech yang begitu pesat karena memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah teknologi yang mampu mendukung perubahan dalam inovasi produk dan layanan, serta inovasi model bisnis pada era yang serba cepat, praktis dan canggih. Namun di sisi lain fintech memiliki kelemahan-kelemahan. Kelemahan tersebut salah satunya adalah adanya resiko yang akan ditanggung baik dari sisi pelaku/perusahaan fintech maupun pengguna fintech. Untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi terkait jasa yang disediakan oleh perusahaan fintech diperlukan sebuah analisa sentimen. Analisa sentimen ini diperlukan untuk melakukan review terhadap layanan jasa yang disediakan oleh perusahaan fintech. Dalam penelitian terdapat beberapa tahapan diantaranya tahap identifikasi data masukan, pra-proses / preprocessing, klasifikasi dengan metode naïve nayes classifier (NBC) dan keluaran. Berdasarkan pengujian akurasi dari klasifikasi sentimen terhadap review layanan fintech yang telah dibuat maka diperoleh akurasi sebesar 75% dengan jumlah True Positive sebanyak 7 data, True Negative sebanyak 8 data, False Positif sebanyak 2 data, dan False Negatif sebanyak 3 data.
Kata Kunci : analisa sentiment, fintech, NBC

Article Details

How to Cite
Lavianto, S., & Adnyana, I. W. D. P. (2022). ANALISA SENTIMEN TERHADAP REVIEW LAYANAN FINTECH DENGAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 8(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jutik/article/view/1582
Section
Articles