PERANCANGAN UI/UX APLIKASI BANTEN ONLINE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Main Article Content

I Gusti Ngurah Darma Paramartha
I Gusti Ayu Cintya Wardani
Adie Wahyudi Oktavia Gama
I Komang Agus Ariana

Abstract

ABSTRACT
Doing activities out religious ceremonies is a real form of Hinduism people's belief in God Almighty with banten as a symbol of the contents of the universe. Currently, the knowledge level of Balinese women in making banten is decreasing. As many as 54.6% of Balinese women still lack knowledge in making banten. Several reasons include the demand for women to work to make ends meet, the lack of understanding from an early age, to the ease of access to buying upakara accessories. Most people are reluctant to make banten because they are busy. The Hinduism community in Bali tends to buy banten rather than making banten. People who have busy lives and various kinds of problems that are different for each individual. By using the design thinking method as a solution to these problems, it is necessary to make an online banten application design. The five stages of design thinking is emphatize, define, ideate, prototype dan testing. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that using the design thinking method produces a design that has been tested by prospective users so that they get a design with a value of 80 which is included in the word grade B.
Keywords: Banten, UI/UX, Design Thinking.
ABSTRAK
Melaksanakan upacara keagamaan merupakan bentuk nyata kepercayaan masyarakat Hindu terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan banten sebagai simbolis isi alam semesta. Saat ini tingkat pengetahuan perempuan Bali dalam membuat banten semakin menurun. Sebanyak 54,6% perempuan Bali masih kurang pengetahuan dalam membuat banten. Beberapa hal penyebabnya antara lain dituntunya perempuan untuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup, minimnya pemahaman sejak dini, hingga adanya kemudahan dalam mengakses pembelian pelengkapan upakara. Kebanyakan orang enggan membuat banten dikarenakan sibuk. Masyarakat hindu di Bali cenderung membeli banten daripada membuat banten. Masyarakat yang mempunyai kesibukan dan bermacam macam masalah yang berbeda setiap individu, Dengan menggunakan metode design thinking sebagai solusi dari permasalahan tersebut, sehingga perlu dibuatkan rancangan design aplikasi banten online. Lima tahapan design thinking diantaranya adalah emphatize, define, ideate, prototype dan testing. Pada hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa, dengan menggunakan metode design thinking menghasilkan sebuah rancangan design yang telah di uji oleh calon user sehingga mendapat hasil rancangan dengan nilai 80 yang termasuk dalam kata katagori B.
Kata kunci: Banten, UI/UX, Design Thinking.

Article Details

How to Cite
Paramartha, I. G. N. D., Cintya Wardani, I. G. A., Oktavia Gama, A. W., & Ariana, I. K. A. (2023). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI BANTEN ONLINE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 9(2). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jutik/article/view/2209
Section
Articles