PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN CHECK-IN DAN CHECK-OUT PADA USAHA AKOMODASI PERHOTELAN

Authors

  • Bagus Putu Wahyu Nirmala
  • I Wayan Eka Mahendra
  • Putu Eka Wirawan
  • Ni Wayan Mega Sari Apri Yani
  • I Made Darsana

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v9i1.2262

Abstract

ABSTRACT
The world of tourism is currently very developed and has even become one of the factors driving economic growth. One of the infrastructures driving tourism is the existence of hotels, every industry engaged in providing services and hospitality services must be very good in terms of service, cleanliness, and customer satisfaction priority. The check-in process at every hotel is almost the same, but in this digital era, there are still hotels that use the manual method, and the old computerized system which is the cheapest system which makes the check-in process less efficient and effective. Computer problems and weaknesses often occur, such as a slow system, problematic hotel guest room charges, sometimes double paying guests, and the registration process, check-in and check-out are still manual. This is necessary for information system to simplify the work process, solve problems, and speed up the process. Information system design method using SDLC (Systems Development Life Cycle). It is hoped that this information system will meet current industry needs and be able to support hospitality business processes whenever implemented.
Keyword: Management Information Systems, Check-in, Check-out, Accomodation, Hotel
ABSTRAK
Dunia pariwisata saat ini sudah sangat berkembang bahkan menjadi salah satu faktor pendukung pertumbuhan ekonomi. Salah satu infrastruktur pendukung pariwisata adalah adanya hotel, setiap industri yang bergerak dibidang penyediaan layanan dan jasa perhotelan haruslah sangat baik dalam hal pelayanan, kebersihan, prioritas kepuasan pelanggan. Proses check-in di setiap hotel hampir sama, namun di era digital ini masih ada hotel yang menggunakan cara manual, dan sistem komputerisasi lama yang merupakan sistem termurah yang mengakibatkan proses check-in kurang efisien dan efektif. Permasalahan dan kelemahan komputernya sering terjadi seperti sistem yang masih lambat, room charge tamu hotel yang bermasalah, terkadang tamu double pay, proses registrasi, check-in dan check-out masih manual. Hal ini diperlukan dalam sistem informasi yang baru agar dapat mempermudah proses kerja, menyelesaikan masalah, dan mempercepat proses. Metode perancangan sistem informasi menggunakan SDLC (Systems Development Life Cycle). Melalui perancangan sistem informasi ini diharapkan sistem informasi ini akan memenuhi kebutuhan industri saat ini serta dapat mendukung proses bisnis perhotelan apabila diimplementasikan.
Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen, Check-in, Check-out, Akomodasi, Hotel

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Nirmala, B. P. W., Mahendra, I. W. E., Wirawan, P. E., Apri Yani, N. W. M. S., & Darsana, I. M. (2023). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN CHECK-IN DAN CHECK-OUT PADA USAHA AKOMODASI PERHOTELAN. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 9(1). https://doi.org/10.36002/jutik.v9i1.2262