PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGENALAN TATA SURYA SD NEGERI ADISUCIPTO 1

Main Article Content

Ikmah Ikmah
Adinda Permata Ardhyasa
Andriyan Dwi Putra

Abstract

ABSTRACT
SD Negeri Adisucipto 1 is one of the state elementary schools located in the sub-district of Depok, Sleman, Yogyakarta. At the elementary school, teachers deliver subject matter according to the curriculum that has been determined by the government. One of the lessons given is the Solar System and for interest in learning the solar system in grade 5 SD Negeri Adisucipto 1 is said to be lacking because students feel bored with learning media using print media. This is evidenced by the score obtained as much as 81.31% of the 28 5th grade students who filled out the questionnaire stating that they were bored in the current learning media.Based on the problems above, the author wants to make learning media that is not boring for students with Augmented Reality technology. The author uses the MDLC method to design, and build which consists of 6 stages such as Conception, Design, Material Collection, Manufacture, Testing, and Distribution. The results of this study prove that as many as 85.4% stated strongly agree to use this Augmented Reality Solar System application.
Keywords : Solar System, Augmented Reality, Learning Media, Elementary School, MDLC
ABSTRAK
SD Negeri Adisucipto 1 merupakan salah satu sekolah dasar berstatus negeri yang terletak di kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Pada SD tersebut, guru menyampaikan materi pelajaran sesuai dengan kurikulum yang telah ditentukan pemerintah. Salah satu pelajaran yang diberikan yaitu Tata Surya dan untuk minat belajar tata surya di kelas 5 SD Negeri Adisucipto 1 ini dikatakan kurang dikarenakan siswa merasa bosan atau jenuh dengan media pembelajaran menggunakan media cetak. Hal ini dibuktikan dengan skor yang didapatkan sebanyak 81,31% dari 28 siswa kelas 5 yang mengisi kuesioner menyatakan bosan atau jenuh dalam media pembelajaran saat ini. Tujuan dari penelitian ini untuk membuat media pembelajaran yang tidak membosankan bagi siswa dengan teknologi Augmented Reality. Metode yang digunakan yaitu Augmented Reality dengan menggunakan metode MDLC yang terbagi menjadi 6 tahapan seperti Pengonsepan, Perancangan, Pengumpulan Bahan, Pembuatan, Pengujian, dan Pendistribusian. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi ini telah melalui beberapa pengujian yang salah satunya dengan menggunakan skala likert. Hal ini membuktikan bahwa sebanyak 85,4% menyatakan sangat setuju menggunakan aplikasi Augmented Reality Tata Surya tersebut.
Kata Kunci : Tata Surya, Augmented Reality, Media Pembelajaran, Sekolah Dasar, MDLC

Article Details

How to Cite
Ikmah, I., Ardhyasa, A. P., & Putra, A. D. (2023). PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGENALAN TATA SURYA SD NEGERI ADISUCIPTO 1. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 9(2). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jutik/article/view/2264
Section
Articles