APLIKASI PEMBELAJARAN PIANO DASAR UNTUK ANAK-ANAK BERBASIS WEB DENGAN METODE FINGERING MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 ACTION SCRIPT 2.0
DOI:
https://doi.org/10.36002/jutik.v3i2.287Abstract
ABSTRACTThis study aims to develop a web-based piano learning application with the subject of piano
exploration, to determine the feasibility level of the learning application as a learning medium in
delivering piano technique of piano technique. This learning application is expected to motivate
user (student) to learn music especially piano. The method used in this research is research and
development or known SDLC (System Development Life Cycle) The process of developing this
learning application consists of several stages, among others: 1) System Analysis), 2) design, 3)
Implementation 4) Testing. Testing is done by directly pressing the keys of the piano that will be
implemented into the system. The method used in data collection is by observation, the data
obtained then analyzed the piano buttons will produce the audio in accordance with the piano
notation. This research shows that if the C = do, D = re, E = mi, F = Fa, G = Sol, A = La, B = Si,
C = Do. Based on these data can be concluded that the application of web-based piano learning
feasible to be used for instructional media.
Keywords: Learning app, web-based piano
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi pembelajaran piano berbasis
web dengan pokok materi penjarian piano, untuk mengetahui tingkat kelayakan aplikasi
pembelajaran tersebut sebagai media pembelajaran dalam menyampaikan materi teknik penjarian
piano. Aplikasi pembelajaran ini diharapkan mampu memotivasi user (siswa) untuk belajar musik
terutama piano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan
atau dikenal SDLC (System Development Life Cycle) Proses pengembangan aplikasi
pembelajaran ini terdiri dari beberapa tahap, antara lain : 1) Analisis Sistem), 2) design (desain), 3)
Implementasi 4) testing (pengujian). Pengujian dilakukan dengan langsung menekan tuts-tuts
piano yang akan di implementasikan ke dalam sistem. Metode yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah dengan observasi, data yang diperoleh kemudian dianalisis tomboltombol
piano
akan
menghasilkan
audio
yang
sesuai
dengan
notasi
piano
penelitian
ini
menunjukan
bahwa
jika tombol C= do, D= re, E=mi, F=Fa, G=Sol, A=La, B=Si, C= Do. Berdasarkan data
tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran piano berbasis web layak digunakan
untuk media pembelajaran.
Kata kunci: Aplikasi pembelajaran, piano berbasis web
Downloads
Additional Files
Published
2018-02-25
How to Cite
Fredrix Lesnussa, S., Iefan Datya, A., & Tonyjanto, C. (2018). APLIKASI PEMBELAJARAN PIANO DASAR UNTUK ANAK-ANAK BERBASIS WEB DENGAN METODE FINGERING MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 ACTION SCRIPT 2.0. JUTIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 3(2). https://doi.org/10.36002/jutik.v3i2.287
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.