PENERAPAN DATA MINING PADA PENJUALAN TAN’S BAKERY MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Authors

  • Desak Made Dwi Utami Putra
  • Setio Budiono

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v3i2.294

Abstract

ABSTRACT
PT.Tan's Bakery is a  manufacture company of food that provides a variety of bread products
(Bakery) and cakes (Pastry) to supply the needs of Hotels, Villas, and Restaurants in Bali in
particular. There are a lot of products that are produced and offered to its customers ranging from
European bakery products to international-standard pastry products, frequent daily activities at
PT.Tan's Bakery among others, order receipt, product manufacturing instructions, product stock
provision, procurement raw materials, customer additions, etc. In this study developed data
mining analysis system using a priori algorithm is expected to give solution because by applying
data analysis using a priori algorithm at Tan's Bakery can generate useful information for
company, in analyzing sales transaction besides saving time, high, from the results of testing
conducted obtained the results of the developed system is running as expected.

Keywords: Tan's Bakery, Apriori, Data Mining, Support & Confident.
 
ABSTRAK
PT.Tan’s Bakery merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan
makanan yang menyediakan berbagai produk roti (Bakery) dan kue (Pastry) untuk menyuplai
kebutuhan  Hotel, Villa, dan Restoran yang  ada di Bali khususnya. Ada banyak sekali produkproduk
yang
diproduksi
dan
ditawarkan
ke
pelanggannya
mulai
dari
produk
bakery
Eropa
hingga

produk

pastry yang bertaraf International, kegiatan yang sering dilakukan setiap hari pada
PT.Tan’s Bakery diantara lain, penerimaan pesanan, intruksi pembuatan produk, penyediaan stok
produk,  pengadaan bahan baku, penambahan pelanggan,dll.Pada penelittian ini dikembangkan
sistem analisis data mining menggunkan algoritma apriori diharapkan dapat memeberikan solusi
karena dengan menerapkan analisis data nining menggunkan algoritma apriori pada Tan’s Bakery
dapat menghasilkan informasi yang berguna bagi perusahaan, dalam menganalisis transaksi
penjualan selain menghemat waktu, tingkat keakuratan informasi yang dihasilkan menjadi lebih
tinggi, dari hasil pengujian yang dilakukan didapat hasil sistem yang dikembangkan sudah berjalan
sesuai dengan yang diharapkan.
 
Kata Kunci: Tan’s Bakery, Apriori, Data Mining, Support & Confident.

Downloads

Additional Files

Published

2018-02-25

How to Cite

Dwi Utami Putra, D. M., & Budiono, S. (2018). PENERAPAN DATA MINING PADA PENJUALAN TAN’S BAKERY MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. JUTIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 3(2). https://doi.org/10.36002/jutik.v3i2.294