PENGEMBANGAN APLIKASI UNTUK MEMBANTU ANALISIS DATA SURVEY TENTANG PENTINGNYA PROGRAM PELATIHAN BIDANG TIK BAGI GURU BERBASIS “USER NEEDS ASSESMENT “

Authors

  • Agus Aan Jiwa Permana

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v3i2.295

Abstract

ABSTRACT
 
 
Information and Communication Technology (ICT) in general are all technologies related to the
collection, collection, processing, storage, dissemination, and presentation of information widely
applied in all fields, one of them in education. Teachers are professional educators who have an
important role and role in the intellectual life of the nation. Regulation of the Minister of National
Education No. 16 of 2007 dated May 4, 2007 on the standard of academic qualification and
competence of teachers, especially on the Competency Standards of Elementary Teachers who in
Pedagodic Competence is utilizing ICT for learning purposes and on Professional Competence is
utilizing ICT to communicate and develop themselves. But in fact many teachers in Sukasada
district, Buleleng who still do not understand the use of technology. Based on the description above
the information system is needed survey through questionnaire related to the extent of the teacher
skills in the field of ICT. In the analytical process an application is needed to help provide
recommendations on the need for ICT training for teachers in schools.

Keywords : Information and Communication Technology Training, Teacher Competency
Standards, Pedagogic Competencies, Questionnaire Analysis, Skills Survey

ABSTRAK
 
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara umum adalah semua teknologi yang
berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyim-panan, penyebaran, dan
penyajian informasi yang banyak diterapkan di segala bidang, salah satunya di bidang pendidikan.
Guru adalah pendidik professional yang mempunyai tugas dan peran penting dalam mencerdaskan
kehidupan bangsa. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tanggal 4 Mei
2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi Guru, khususnya pada Standar
Kompetensi Guru SD yang pada Kompetensi Pedagodik adalah me-manfaatkan TIK untuk
kepentingan pembelajaran dan pada Kompetensi Profesional adalah memanfaatkan TIK untuk
berkomunikasi dan mengembangkan diri. Namun kenyataannya banyak guru di kecamatan
Sukasada, Buleleng yang masih belum memahami penggunaan teknologi. Berdasarkan uraian diatas
sistem informasi sangat diperlukan survey melalui kuisioner terkait sejauh mana keterampilan guru
di bidang TIK. Dalam proses analisi diperlukan sebuah aplikasi untuk membantu memberikan
rekomendasi tentang perlunya diadakan pelatihan TIK untuk guru di sekolah.

Kata kunci: Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Standar Kompetensi Guru,   
Kompetensi Pedagodik, Analisis Kuisioner, Survey Keterampilan

Downloads

Additional Files

Published

2018-02-25

How to Cite

Jiwa Permana, A. A. (2018). PENGEMBANGAN APLIKASI UNTUK MEMBANTU ANALISIS DATA SURVEY TENTANG PENTINGNYA PROGRAM PELATIHAN BIDANG TIK BAGI GURU BERBASIS “USER NEEDS ASSESMENT “. JUTIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 3(2). https://doi.org/10.36002/jutik.v3i2.295