ANALISIS FUNGSIONALITAS TERHADAP SISTEM E-COMMERCE UNTUK PEMASARAN PRODUK KERAJINAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PRODUK KERAJINAN BALI)

Main Article Content

I Komang Wijayana
Dwi Haryadi Nugraha

Abstract

ABSTRACT
Handicraft products on the island of Bali range from handicrafts made from wood, glass, used materials and so on. Crafts that are produced at this time become the attraction of tourists, local tourists and outside tourists while visiting Bali will look for a craft that is made as souvenirs. Lots of various crafts produced by craftsmen in Bali. Problems that occur where craftsmen have a fairly minimal ability in the use of technology. Current problems in the field where craftsmen market products traditionally by marketing products to regions or by marketing to traditional markets and souvenir centers. Consumers have problems in the process of purchasing products and ordering the desired product again. In this study will build a system design and construction of e-commerce systems that are used to market handicraft products from various SMEs that can be integrated into one system. Each UKM can market products, control sales through this system. SMEs that will use this system carry out the registration process, product promotion and payment of craft products. The design of this system uses DFD, ERD, by testing blackbox testing. The purpose of this study is to provide a forum for SMEs to market products that have been produced. For testing the system uses 5 SMEs with different crafts. The system that will be implemented is Web-based
Keywords: e-commerce, craft, website, marketing, UKM
ABSTRAK
Produk kerajinan di Pulau Bali beraneka macam mulai dari kerajinan berbahan dasar kayu, kaca, bahan bekas dan lain sebagainya. Kerajinan yang dihasilkan saat ini menjadi daya tarik wisatawan, Wisatawan lokal maupun wisatawan luar pada saat berkunjung ke Bali akan mencari sebuah kerajinan yang dalat dijadikan oleh-oleh. Banyak sekali aneka kerajinan yang dihasilakn oleh pengerajin di Bali. Permasalahan yang terjadi dimana pengerajin memiliki kemampuan yang cukup minim dalam penggunaan teknologi. Permasalahan yang ada saat ini dilapangan dimana pengerajin memasarkan produk secara tradisional dengan memasarkan produk ke daerah-daerah atau dengan memasarkan pada pasar tradisioanl dan pusat oleh-oleh. Konsumen memiliki permasalahan dalam proses pembelian produk dan memesan kembali produk yang diinginkan. Dalam penelitian ini akan membangun sebuah perancangan sistem dan pembangunan sistem e-commerce yang digunakan untuk memasarkan produk kerajinan dari berbagai UKM yang dapat terintegrasi menjadi 1 sistem. Masing-masing UKM dapat memasarkan produk, melakukan kontrol penjualan melalui sistem ini. UKM yang akan menggunakan sistem ini melakukan proses pendaftaran, promosi produk dan pembayaran produk kerajinan. Perancangan sistem ini menggunakan DFD, ERD, dengan melakukan pengujian blackbox testing. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan wadah kepada UKM dalam memasarkan produk yang telah dihasilkan. Untuk pengujian sistem menggunkan 5 UKM dengan kerajinan yang berbeda. Sistem yang akan diimplementasikan berbasis Web.
Kata kunci: e-commerce, kerajinan, website,pemasaran, UKM

Article Details

How to Cite
Wijayana, I. K., & Nugraha, D. H. (2018). ANALISIS FUNGSIONALITAS TERHADAP SISTEM E-COMMERCE UNTUK PEMASARAN PRODUK KERAJINAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PRODUK KERAJINAN BALI). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 4(2). https://doi.org/10.36002/jutik.v4i2.544
Section
Articles