1. Audiens
    Audiens utama, meskipun tidak eksklusif, mencakup akademisi, pembuat kebijakan, peneliti, dan praktisi, serta individu lain yang tertarik dengan penelitian bisnis.

  2. Kebijakan Ketersediaan Data
    Tujuan dari LITERA: Jurnal Litera Bahasa dan Sastra adalah untuk memfasilitasi penyebaran pengetahuan yang luas yang berasal dari penyelidikan ilmiah yang sistematis ke dalam bisnis sebagai bidang penelitian profesional dan kegiatan pendidikan. Untuk mendukung tujuan ini, penulis didorong untuk membuat data mereka tersedia bagi orang lain untuk memperluas atau mereplikasi hasil yang dilaporkan dalam artikel mereka. Penulis artikel yang melaporkan hasil yang bergantung pada data harus menyertakan catatan kaki mengenai status ketersediaan data dan, jika relevan, memberikan informasi tentang bagaimana data tersebut dapat diakses.

  3. Kebijakan Reproduksi
    Tujuan utama dari LITERA: Jurnal Litera Bahasa dan Sastra adalah untuk mempromosikan penyebaran hasil penelitian ilmiah yang sistematis ke dalam bidang penelitian Bahasa dan Sastra yang luas. Izin diberikan untuk mereproduksi isi jurnal untuk penggunaan instruksional, asalkan sumber dan "hak cipta LPPM Universitas Dhyana Pura" dikutip dalam reproduksi tersebut.

    Permohonan tertulis harus diajukan kepada pemimpin redaksi untuk mereproduksi konten jurnal apa pun untuk tujuan selain penggunaan instruksional, seperti dimasukkan ke dalam buku bacaan atau publikasi lain yang dimaksudkan untuk distribusi umum. Dalam hal ini, pemohon harus memberi tahu penulis secara tertulis tentang tujuan penggunaan setiap reproduksi. Biasanya, jurnal ini tidak memungut biaya untuk memberikan pengabaian hak cipta. Kecuali dinyatakan lain dalam artikel, hak cipta artikel dalam jurnal telah dialihkan ke LPPM Universitas Dhyana Pura. Jika penulis belum mengalihkan hak cipta ke LPPM Universitas Dhyana Pura, pemohon harus meminta izin langsung dari penulis untuk semua tujuan reproduksi.

  4. Kebijakan Pengajuan
    Penulis harus mengirimkan naskah dalam format Word ke LITERA: Jurnal Litera Bahasa dan Sastra melalui pengiriman online di (Link Template). Semua naskah harus mengikuti pedoman LITERA: Jurnal Litera Bahasa dan Sastra. Setelah penyerahan naskah, penulis akan menerima konfirmasi penyerahan naskah beserta formulir pernyataan penyerahan naskah yang harus diisi dan ditandatangani sebelum editor dapat memproses naskah.

  5. Pedoman Penulis
    Setiap naskah harus menyertakan daftar referensi yang berisi hanya karya yang dikutip, dengan menggunakan alat Mendeley. Setiap entri harus memberikan rincian yang cukup untuk identifikasi yang jelas. Sistem tanggal penulis harus mengikuti format gaya kutipan APA.

  6. Format
    Naskah harus diketik di atas kertas A4 (210mm x 297mm), dengan huruf Times New Roman 12 poin, dengan spasi 1,5, kecuali untuk kutipan menjorok ke dalam. Naskah harus disimpan sebagai file Word. Semua halaman, termasuk tabel, lampiran, dan referensi, harus diberi nomor urut. Eja angka dari satu sampai sepuluh, kecuali dalam tabel, daftar, dan dengan satuan dan kuantitas matematika, statistik, ilmiah, atau teknis (misalnya, tiga hari; 3 kilometer; 30 tahun). Semua angka lainnya dinyatakan secara numerik. Penulis dianjurkan untuk menggunakan format LITERA: Jurnal Litera Bahasa dan Sastra, dengan contoh format yang disediakan di bagian akhir dokumen ini.

  7. Bahasa
    Naskah harus ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk memastikan tinjauan anonim, penulis harus menghindari mengidentifikasi diri mereka sendiri secara langsung atau tidak langsung dalam makalah mereka. Penulis tunggal tidak boleh menggunakan kata "kami". Penulis yang bahasa Inggrisnya bukan bahasa ibu dianjurkan untuk memeriksa tata bahasa dan kejelasan naskahnya sebelum diserahkan. Tata bahasa digunakan untuk menghilangkan kesalahan bahasa. Naskah tidak boleh melebihi 20% indikator plagiarisme.

  8. Panjang Artikel
    Artikel harus terdiri dari 4.000 hingga 7.000 kata. Panjang naskah yang diperbolehkan tergantung pada kebijaksanaan editor. Naskah yang lebih pendek atau lebih panjang dari jumlah kata yang ditentukan dapat dikembalikan kepada penulis untuk direvisi sebelum dipertimbangkan oleh editor. Jumlah kata tidak termasuk tabel, gambar, dan referensi.
  9. Judul Artikel
    Judul artikel harus spesifik dan efektif, idealnya tidak lebih dari 20 kata. Gunakan bahasa yang sederhana dan lugas agar pembaca dapat melihat sekilas isi artikel dengan jelas.

  10. Nama dan Afiliasi Penulis
    Cantumkan nama lengkap setiap penulis, afiliasi mereka pada saat penelitian dilakukan, dan alamat lengkap mereka, termasuk alamat pos, telepon, dan email. Untuk artikel dengan lebih dari satu kontributor, informasi rinci untuk masing-masing penulis harus disediakan.
     
  11. Abstrak
    Abstrak harus berdiri sendiri, tanpa kutipan, dan secara ringkas menginformasikan kepada pembaca tentang tujuan, metode, temuan, dan signifikansi naskah. Abstrak harus bersifat non-teknis namun cukup jelas bagi pembaca untuk memahami kontribusi naskah. Judul naskah harus muncul di halaman abstrak, tetapi tidak boleh ada nama penulis atau rincian identitas lainnya. Abstrak yang terdiri dari 100-200 kata harus disajikan dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia pada halaman terpisah sebelum teks utama.

  12. Kata kunci
    Kata kunci sangat penting untuk menulis abstrak. Penulis harus memilih maksimal lima kata kunci spesifik yang mencerminkan konten inti artikel. Kata kunci dan klasifikasi artikel harus dicantumkan setelah abstrak.

  13. Artikel Utama
    Naskah yang dikirimkan ke jurnal ini harus mengikuti judul utama yang diuraikan di bawah ini:
  • Pendahuluan
    Jelaskan tujuan dan motivasi penelitian. Pendahuluan harus memberikan gambaran umum tentang tujuan, metode penelitian, dan temuan makalah, yang ditulis dengan cara yang tidak terlalu teknis namun jelas untuk memastikan pembaca dapat memahami kontribusi naskah.

  • Tinjauan Pustaka
    Diskusikan tujuan dan pentingnya tinjauan pustaka dalam konteks penelitian.

  • Metode
    Bagian ini biasanya mencakup subbagian berikut: pengambilan sampel (populasi target, konteks penelitian, unit analisis, metode pengambilan sampel, profil responden), pengumpulan data, dan ukuran (atau pengukuran).

  • Hasil
    Laporkan hasilnya secara rinci, termasuk analisis statistik yang dilakukan dan justifikasinya. Asumsikan pembaca memiliki pemahaman dasar tentang statistik (biasanya tercakup dalam kursus pengantar statistik).

  • Diskusi
    Diskusi seharusnya:
    Menyatakan kembali tujuan utama penelitian.
    Menegaskan kembali pentingnya penelitian dengan menyoroti kontribusi utamanya.
    Merangkum hasil yang berkaitan dengan setiap tujuan penelitian atau hipotesis tanpa memperkenalkan materi baru.
    Hubungkan temuan dengan literatur yang ada dan hasil penelitian lain.
    Berikan penjelasan yang memungkinkan untuk temuan yang tidak terduga atau tidak signifikan.
    Diskusikan implikasi manajerial dari penelitian ini.
    Menyoroti keterbatasan utama studi yang mempengaruhi validitas internal dan eksternal.
    Menyarankan arah atau peluang yang berwawasan luas untuk penelitian di masa depan.

  • Kesimpulan
    Sajikan kesimpulan singkat yang diambil dari hasil penelitian, termasuk saran untuk peneliti selanjutnya atau pembaca umum. Jangan mereplikasi abstrak dalam kesimpulan.

  • Batasan
    Diskusikan kekurangan dan keterbatasan utama dari penelitian ini, yang dapat mempengaruhi hasil dan kesimpulan. Menilai dan menafsirkan secara kritis dampak dari keterbatasan ini. Bahas apakah masalah tersebut disebabkan oleh kesalahan, pilihan metodologis, masalah validitas, atau faktor lainnya.

  • Referensi
    Penulis diwajibkan untuk menggunakan Mendeley sebagai alat bantu manajemen referensi untuk kutipan dan daftar referensi. Istilah yang fleksibel untuk subjudul yang mengikuti judul utama diperbolehkan. Penulis dianjurkan untuk menggunakan template naskah yang disediakan di bagian akhir pedoman ini.

    Templat Jurnal