VERBAL ABUSE BY PARENT WHEN ASSISTING CHILDREN DURING ONLINE LEARNING AT HOME IN KEROBOKAN BALI

Main Article Content

Si Putu Agung Ayu Pertiwi Dewi
Ni Komang Purwaningsih

Abstract

ABSTRACT
Parents' verbal abuse on their children often happens consciously or unconsciously. This occurs
because the impact of verbal abuse is not as direct as physical violence. Children are like plain
white canvases that are ready to be swept with various colors because children cannot or do not
have sufficient knowledge to distinguish certain things, especially in the things they receive
from their families such as verbal abuse and also children will easily absorb what he heard
without having to think about it first. The impact of verbal abuse can cause hurt feelings that
cause children to think as they often say to their parents. This study aims at identifying and
classifying the types of verbal abuse by parents when assisting children in online learning at
home in Kerobokan Village, Kuta Utara, Badung, Bali. The method used in this research was
the qualitative method, the phenomenological approach was chosen because it describes the
meaning of the subject's experience of the phenomenon being studied. There are several steps
taken in carrying out the research by searching for data, managing data, and presenting existing
data. In the process of searching for data, researchers used the method of recording, writing,
and observing. The study found that the classification of verbal violence that is spoken by
parents to children during online learning is a curse, intimidation, words that belittle or
embarrassing and criticizing, and the psychological impact on the child. From the results of this
research, it can be concluded that verbal violence harms children, parents are more patient in
accompanying their children, are more able to select and sort words and sentences that can build
children's self-confidence.
Keywords: children, abuse, verbal, violence
ABSTRAK
Pelecehan verbal orang tua kepada anaknya sangat sering terjadi secara sadar atau tidak
sadar. Ini terjadi karena dampak pelecehan verbal tidak langsung seperti kekerasan fisik. Anak
ibarat kanvas putih polos yang siap disapu dengan berbagai warna karena anak tidak dapat
atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk membedakan hal-hal tertentu, terutama
dalam hal-hal yang mereka terima dari keluarganya seperti caci maki dan juga anak akan
dengan mudah menyerap apa yang ia terima. mendengar tanpa harus memikirkannya terlebih
dahulu. Dampak pelecehan verbal dapat menimbulkan rasa sakit hati yang menyebabkan anak
berpikir seperti yang sering mereka ucapkan kepada orang tuanya. Penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi dan mengelompokkan jenis-jenis kekerasan verbal yang dilakukan
orang tua saat mendampingi anak dalam pembelajaran online di rumah di Desa Kerobokan,
Kuta Utara Badung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif,
pendekatan fenomenologi dipilih karena menggambarkan makna pengalaman subjek terhadap
fenomena yang diteliti. Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam melakukan penelitian yaitu dengan mencari data, mengelola data, dan menyajikan data yang ada. Dalam proses
pencarian data, peneliti menggunakan metode pencatatan, penulisan, dan observasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa klasifikasi kekerasan verbal
yang diucapkan oleh orang tua kepada anak selama pembelajaran online adalah makian,
intimidasi, perkataan yang meremehkan atau memalukan dan mengkritik, serta berdampak
psikologis pada anak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kekerasan verbal
merugikan anak, orang tua lebih sabar dalam mendampingi anaknya, lebih mampu memilih
dan mengurutkan kata dan kalimat yang dapat membangun rasa percaya diri anak.
Kata kunci: anak, pelcehan, verbal, kekerasan

Article Details

How to Cite
Dewi, S. P. A. A. P., & Purwaningsih, N. K. (2021). VERBAL ABUSE BY PARENT WHEN ASSISTING CHILDREN DURING ONLINE LEARNING AT HOME IN KEROBOKAN BALI. LITERA : Jurnal Litera Bahasa Dan Sastra, 7(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/litera/article/view/1415
Section
Articles